10 Makanan Enak Bikin Anak Tumbuh Tinggi & Sehat

admin   20 Juli 2019 Healthy Food

.

Anak  merupakan anugerah terindah dari Tuhan. Kita sebagai orangtua diberi tanggung jawab besar untuk mengasuh dan mendidik anak-anak kita untuk menjadi lebih baik. Orangtua selalu ingin dapat membahagiakan anak-anaknya. Segala kebutuhannya selalu diusahakan untuk dapat terpenuhi. Tidak ada satu orangtuapun yang menginginkan anak-anaknya kekurangan. Semua hak anak harus diperhatikan seperti kesehatan, pendidikan dan lainnya. Salah satu hak anak yang wajib dipenuhi adalah memberinya makanan, suplemen, vitamin, dan minuman yang baik bagi kesehatan  mereka. Dan yang menjadi masalah ketika sang buah hati susah untuk menerima makanan yang diberikan oleh orang tua. Tapi jangan kuatir, kali ini makanabis akan membahas mengenai makanan yang dapat membantu anak tumbuh sehat.

Tidak hanya susu, ada beberapa makanan yang bisa membantu pertumbuhan anak,  beberapa kandungan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan yakni kalsium, zat besi, protein, dan vitamin. Di antaranya seperti beberapa berikut ini :


.

Keju

Siapa sih yang nggak kenal keju? Keju merupakan salah satu produk olahan susu. Manfaat yang ada pada susu juga ada pada keju. Meskipun tidak semua orang suka keju tapi keju tetap favorit untuk dikonsumsi.  Keju menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tulang dan tumbuh kembang anak.  Keju mengandung asam amino yang lengkap, sehingga berperan dalam sintesis protein untuk pembangun jaringan otot, metabolisme sel-sel tubuh, dan tulang.  Keju merupakan salah satu produk olahan susu yang mengandung protein cukup tinggi.


.

Yoghurt

Yoghurt merupakan susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Minuman yang satu ini banyak digemari anak-anak, biasanya terdiri dari bermacam-macam rasa.

Sama seperti keju, yoghurt mengandung vitamin D dan kalsium yang baik buat pertumbuhan anak-anak, khususnya tinggi badan. Apabila anak rajin mengkonsumsi beberapa bahan makanan yang tinggi akan kalsium, maka tentu saja tinggi badannya akan lebih maksimal apabila dibandingkan dengan anak yang kurang mengkonsumsi kalsium


.

Okra

Okra adalah tanaman berbunga, biasa disebut gumbo atau bhindi, sangat bergizi dan mengandung vitamin, mineral, karbohidrat, air dan serat. Nutrisi ini bekerja untuk merangsang hormon pertumbuhan di tubuh agar tidak tertidur dan membantu tubuh tumbuh secara vertikal.

 

 


Ikan

Ikan yang kaya protein membantu tumbuhnya tulang-tulang dan otot sehat.  Dengan mengkonsumsi ikan, sangat baik bagi pertumbuhan otak anak, agar anak tumbuh menjadi anak yang pandai. Salmon dan tuna adalah salah satu ikan yang kaya akan protein.


.

Telur

Telur adalah salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain daging, ikan dan susu.

Telur  merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral baik yang tersedia secara alami.  Telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi, yang mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Dalam kandungan telur juga terdapat zat riboflavin dan selenium yang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin A, D dan E harian, serta vitamin B-12, folat, asam pantotenat dan fosfor. 


Pisang

Selain protein hewani, protein nabati juga sangat dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan tubuh anak-anak. Manfaat pisang sangat banyak untuk kesehatan tubuh juga untuk mencegah berbagai penyakit. Gak cuma bikin cepat kenyang, pisang kaya potasium dan beberapa kandungan mineral lainnya.


.

Mangga

Untuk buah yang satu ini, usahakan pilihlah yang manis, agar anak antusias untuk memakannya.

Mangga bisa bikin tulang lebih kuat dan makin tumbuh tinggi, karena mangga mengandung  vitamin A yang sangat tinggi.


.

Nah, sekarang apabila anak Anda rewel untuk makan, cobalah untuk mengganti makanan yang sudah dihidangkan dengan makanan alternatif seperti di atas. Tidak ada salahnya memvariasi makanan anak agar anak tidak bosan dan lahap dengan makanannya. Dengan banyaknya asupan gizi yang anak terima, menjadikan anak tumbuh menjadi pribadi yang sehat, kuat dan cerdas. Alangkah baiknya jika semuanya itu diimbangi dengan olahraga agar anak dapat tumbuh tinggi maksimal. Paskalis Andrew


Artikel Terkait