4 Kuliner Banyuwangi, Tercipta dari Percampuran Menu

putri   03 Agustus 2019 Selera Nusantara

Kota Banyuwangi memiliki ciri khas kuliner yang cukup unik. Sadarkah kamu, jika dari sekian banyak kuliner khasnya, terdapat beberapa kuliner yang merupakan penggabungan dari dua sajian makanan yang berbeda? Banyuwangi punya 4 jenis makanan yang mengalami ‘perkawinan’ ini. Meski mungkin terlihat mengkhawatirkan, akan tetapi rasanya ternyata sangat lezat!


.

1. Pecel Rawon

Sajian pecel dan rawon, bisa dibilang memiliki rasa yang khas. Bumbu kacang dan pedas pada pecel, serta kuah rawon yang gurih dan nendang abis. Pecel rawon bisa dibilang sebagai makanan idola di Banyuwangi.

Sajian ini berisikan nasi pecel dengan aneka sayuran rebus, seperti bayam, taoge, kacang panjang dan juga sambal pecel. Kemudian disiramkan dengan kuah rawon yang hitam pekat dan diberikan tambahan lauk seperti empal, paru goreng kering dan tak lupa rempeyek kacang. Di Banyuwangi, pecel rawon dijual seharga Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per porsinya. Wow!


.

2. Rujak Soto

Saking terkenalnya, biasanya rujak soto dihidangkan dalam acara yang dihadiri oleh banyak orang penting dari luar Banyuwangi atau dari luar negeri. Cara menyajikan rujak soto ini adalah dengan memasukkan semua bahan yang biasa terdapat dalam rujak. Tak lupa juga dengan bumbunya. Kemudian disiram dengan kuah soto yang kuning pekat plus potongan daging soto.

Soto yang digunakan bisanya adalah soto daging sapi, soto babat, soto ayam bahkan soto ceker. Setelah itu diberikan kerupuk berwarna kuning. Rujak soto siap dinikmati, deh. Para pelancong merasa kurang afdol jika berkunjung ke Banyuwangi tanpa mencicipi rujak soto! Psst, biasanya ketika makan rujak soto, akan lebih mantap jika ditemani dengan segelas es temulawak.


.

Rujak Bakso

 Mungkin pecel rawon dan rujak soto lebih terkenal dan dianggap sebagai ikon kuliner kota Banyuwangi. Gimana dengan rujak bakso? Yup, perpaduan antara sajian bakso dengan kuah panasnya serta gurihnya bumbu rujak.

Sajian ini merupakan campuran antara kacang, petis udang, cabai, yang kemudian diberikan gula merah dan dihaluskan di atas cobekan. Setelah itu dicampurkan dengan tahu, tempe, sayur taoge, kangkung dan lontong. Kemudian disiramkanlah kuah bakso beserta baksonya. Diatasnya ditambahkan taburan bawang goreng dan kerupuk. Berbeda dengan rujak soto yang lezat dinikmati dengan es temulawak, kamu wajib pesan es teller atau es manado sebagai pendamping rujak bakso!


.

Pecel Kare


Selain pecel rawon, pecel juga dikreasikan dengan sajian kare. Bayangkan rasa pecel bergabung dengan kuah santan kare. Sudah terbayangkan? Pecel kare ini terdiri dari isian pecel sayur seperti sayur rebus yang disiram bumbu kacang.

Berbeda dengan pecel rawon, hidangan ini disiram dengan kuah kare yang bersantan dan kental. Kemudian tak lupa diberikan nangka muda di atasnya. Kerupuknya paling mantap dengan kerupuk beras atau peyek. Cuma gitu aja? Enggak, dong. Biasanya akan ditambah lauk seperti telur, daging ayam, atau daging. Mau mencicipinya? Kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 10.000 saja, lalu kamu sudah bisa menikmati sajian pecel kare ini!

Gimana? Unik banget, kan? Apakah kamu berani mencoba empat sajian di atas? Beberapa orang yang enggak terbiasa, akan merasa aneh dengan rasanya. Akan tetapi sebagian lainnya malah ketagihan karena merasakan sensasi baru di lidah mereka ketika mencicipi sajian dari perpaduan dua makanan


Artikel Terkait