4 Tips Mudah Untuk Memilih Sayuran yang Masih Fresh!

putri   04 Agustus 2019 Tips n Trick

Mengonsumsi sayuran itu memang penting. Akan tetapi, lebih penting lagi untuk memilih sayuran yang tepat dan juga sehat. Sebaik-baiknya sayuran adalah sayuran yang fresh alias segar. Sayuran yang masih segar itu biasanya baru dipanen dan tidak melalui perjalanan yang lama.

 Hal ini akan cukup mudah apabila tempat tinggal kita di pedesaan yang dekat dengan perkebunan sayur. Bagaimana dengan di perkotaan? Opsinya adalah berbelanja sayuran di pasar ataupun supermarket. Meski begitu, kamu tetap bisa mendapatkan sayuran yang segar, dengan memilih secara selektif. Gimana caranya?


Daun Berlubang

Sayuran yang berlubang dikarenakan sayuran tersebut dimakan oleh ulat. Akan tetapi, justru sayuran yang berlubang dan dimakan oleh ulat inilah yang menandakan jika itu adalah sayuran segar. Ulat tidak memakan sayuran yang terdapat pestisida. Jika  menemukan sayuran yang berlubang, dapat dipastikan jika sayur tersebut bebas pestisida. 


.

2. Warnanya Segar Tidak Kusam

Warna cerah  maksudnya adalah warna seharusnya sayuran tersebut. Kamu mau memilih sayuran dengan bentuk daun? kamu bisa menggunakan cara ini. Sayuran dedaunan itu seperti bayam, kangkung, seledri, kemangi, selada dan sebagainya. Coba kamu perhatikan warnanya. Apabila warnanya hijau cerah, maka sayuran tersebut adalah sayuran segar. Jika warnanya mulai kusam bahkan terlihat ‘layu’, maka bisa dipastikan pula jika sayuran tersebut kurang fresh. Layu disini ditandai dengan warna sayuran yang berwarna kekuningan atau kecokelatan pada bagian daunnya. Sayuran yang sudah berubah warna itu membuat kandungan nutrisi serta vitaminnya juga berkurang. 


.

Bentuk dan Tekstur 

Sayuran memiliki banyak jenis, dimana tiap jenis tersebut memiliki perbedaan. Jika kamu memilih sayuran berdaun, seperti selada, sawi, atau kangkung, perhatikanlah bagian tulang daun serta batangnya. Apakah tulang daunnya terlihat? Jika terlihat dengan cukup jelas, maka sayuran tersebut segar. Apakah batang sayur terlihat segar dan mudah untuk dipatahkan? Jika iya, pilihlah sayuran tersebut.

Sayuran dengan bentuk umbi seperti kentang, bawang, wortel, atau ubi juga punya cara tersendiri untuk mendeteksi kesegarannya. Sayuran umbi yang segar adalah yang tidak keriput, tidak lembek, tidak keras dan tidak berlubang. Pilihlah sayuran umbi dengan tekstur yang padat, tidak gembur, dan tidak berair.

Sayuran yang berbentuk buah seperti mentimun atau tomat, akan dianggap segar jika kulitnya masih kencang, tidak keriput, dan bentuknya utuh. Sedangkan sayuran berbentuk kacang-kacangan, juga dapat dideteksi kesegarannya dengan melihat apakah teksturnya kenyal, namun mudah untuk dipatahkan. Jangan pilih yang berlendir dan teksturnya lembek. 


.

4. Aromanya

Pasti bisa dong, membedakan mana sayuran yang segar dan tidak segar dari aromanya? Cobalah untuk mencium aromanya. Jika buah cenderung beraroma segar dan tidak berbau menyengat, maka sayuran tersebut masih segar. Sebaliknya, jangan pilih sayuran yang berbau dan aromanya tidak segar. Akan tetapi cara ini biasa digunakan sebagai opsi terakhir, karena kesegaran sayuran sudah bisa dideteksi dari penampilannya. Kalau mau memastikan, silahkan saja!

Mulai sekarang, kamu harus lebih selektif dalam memilih sayuran, ya. Sayang banget, jika niat muliamu untuk mengonsumsi sayuran jadi enggak maksimal, karena sayuran yang kamu pilih kurang sehat! Putri Aisya


Artikel Terkait