5 Cara Mudah Memilih Nangka yang Manis & Matang

Administrator   22 Mei 2019 Ragam

nangka matang

1. Cium Aromanya

instagram.com/goyajournal

Cara pertama dan yang paling mudah adalah dengan mencium aromanya. Aroma ini menjadi penanda jika namgka tesebut sudah matang. Sebab nangka yang masih mentah, tidak mengeluarkan aroma apa pun.

2. Pukul Pakai Benda Tumpul

instagram.com/thaihoa_grocer

Setelah mencium aromanya, Anda juga perlu memastikannya tingkat kematangan dengan cara memukulnya dengan benda tumpul. Jika nangka mengeluarkan bunyi yang longgar dan nyaring itu tanda, nangka sudah matang. Nangka yang belum cukup matang akan mengeluarkan bunyi nyaring ketika dipukul.


Nangka matang sempurna

3. Kulitnya berwarna hijau kekuningan

instagram.com/nana_jajan

Cara mudah memilih nangka yang matang adalah dengan cara melihat warna kulit luarnya.  Warna kulit kuningan adalah tanda bahwa nangka sudah matang sempurna. Sebaliknya nangka dengan warna kulit hijau, menandakan bahwa nanas belum sepenuhnya matang.

 4. Terdapat bintik-bintik hitam pada kulit

Perhatian munculnya bintik-bintik hitam pada kulit nangka yang menguning. Tanpa bintik hitam itu adalah indikasi dari tingkat kematangan buah. Tapi jangan memilih nangka yang memiliki bintik hitam yang meluas pada bagian kulitnya, dikuatirkan nangka tersebut sudah terlalu matang dan mendekati kebusukan.  

5. Hindari nangka yang sudah berlubang

instagram.com/robertisherefruitstandandfarm

Ketika memilih nangka, hindari nangka yang terdapat lubang pada kulitnya. Sebab, nangka yang berlubang kemungkinan besar sudah terserang oleh ulat dan biasanya daging buahnya telah rusak dan tidak bersih. Jadi, pilihlah nangka yang masih dalam kondisi utuh.


Bintik hitam


Artikel Terkait