5 Kemampuan Untuk Menjadi Chef Profesional

admin   25 Juli 2019 Inspirasi

.

Apakah kamu suka memasak? Ingin menjadi juru masak, koki atau chef profesional? Kalau kamu ingin menjadi chef profesional, hal pertama yang wajib kamu miliki adalah ketertarikan atau passion di bidang masak memasak. Ketika kamu mencintai sesuatu, maka kamu akan melakukannya dengan ikhlas, senang dan bertanggung jawab. Selain itu, kamu juga harus menguasai beberapa kemampuan di bawah ini!


.

1. Pengetahuan Memasak

Untuk menjadi chef yang profesional, tentu saja kamu harus menguasai pengetahuan dasar tentang masak memasak. Pengetahuan dasar yang dibutuhkan seperti kemampuan dalam mengenai peralatan masak, bahan-bahan makanan, mampu membaca dan memahami takaran dan mampu menggunakan peralatan masak tersebut sesuai fungsinya.


.

2. Multitasking

Kemampuan multitasking adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk dapat mengerjakan dua atau lebih pekerjaan sekaligus dalam satu waktu. Seorang chef diharapkan untuk memiliki kemampuan ini. Pasalnya ketika memasak, kamu mungkin akan dihadapkan pada situasi dimana kentang goring harus dibalik, wortel harus di kupas, bumbu harus diblender, dan bahan makanan ada yang harus dikukus. Bayangkan jika chef hanya bisa mengerjakan satu hal saja dalam satu waktu. Membuat suatu masakan bisa menghabiskan sangat banyak waktu. Lama banget!


.

3. Fleksibel

Memang sih ada beberapa aturan yang diterapkan dan harus dipatuhi. Contohnya seperti aturan cara memotong, mematuhi resep dan sebagainya. Akan tetapi, terkadang chef juga dituntut mampu untuk bersikap fleksibel dan enggak terlalu kaku dengan aturan yang ada. Fleksibel disini juga dapat diartikan sebagai chef gak harus terpaku dengan ‘bagiannya’ saja. Kalau ada yang enggak beres di bagian yang lain, chef profesional juga diharapkan dapat membantu menyelesaikannya.


.

4. Team Work

Di kitchen, kamu enggak akan selalu bekerja sendirian. Terkadang kamu harus bekerja sama dengan chef lainnya dalam membuat suatu hidangan tertentu. Diperlukan adanya kemampuan untuk bekerja sama dan enggak boleh egois. Jika ada perbedaan pendapat, lebih baik didiskusikan dengan partner.


.

5. Kreatif

Chef profesional juga harus punya jiwa kreativitas yang tinggi, nih. Mereka diharapkan mampu membuat sajian makanan jadi enak, menarik dan mungkin berkelas. Chef juga dituntut untuk mampu memberikan inovasinya seperti menciptakan rasa atau masakan baru yang unik.

Sekarang mulailah untuk melatih diri supaya punya 5 keahlian di atas, ya. Kalau kamu sudah menguasai beberapa kemampuan di atas, ditambah beberapa jam ‘terbang’ dalam dunia masak memasak, maka kamu bisa dinobatkan sebagai chef yang profesional!  Putri Aisya


Artikel Terkait