5 Menu Hidangan Saat Idul Adha

admin   30 Juli 2019 Selera Nusantara

.

Tanggal 11 Agustus nanti, menjadi hari besar yang ditunggu oleh umat muslim. Hari itu diperingati sebagai hari Idul Adha. Di hari Idul adha ini, terdapat sebuah kegiatan penyembelihan hewan kurban, berupa sapi an juga kambing. Kemudian dagingnya akan dibagikan kepada yang berhak memperolehnya. Selayaknya momen spesial, aka nada hidangan spesial yang biasa tersaji ketika Idul Adha. 


.

Gulai

Bahan makanan yang digunakan dalam masakan ini bisa berupa daging ayam, jeroan, daging kambing, daging sapi ataupun nangka. Bahan makanan tersebut akan diolah dengan berbagai bumbu rerempahan yang membuat rasanya gurih. Selain itu ditambahkan pula dengan santan, sehingga kuahnya cukup kental. Berhubung lagi idul adha, kamu bisa menggunakan daging kambing atau daging sapi. Dimakan pakai lontong, hmmm, yummy!


.

Rendang

Rendang dikatakan sebagai makanan Indonesia yang paling terkenal, bahkan  hingga ke mancanegara. Rendang biasanya menggunakan daging sapi. Buat kamu yang mau mengolah daging sapi, dibuat rendang aja. Bumbunya yang gurih dengan cita rasa yang sedikit pedas, paling sedap dimakan dengan nasi hangat!


Sate

Enaknya kalau dapat daging kambing, mau dibikin apa ya? Buat kamu yang malas dengan masakan berkuah, kamu bisa mencoba membuat sate kambing. Potong daging kambing menjadi berukuran kecil- kecil, kemudian tusuk secara berurutan dengan tusukan bambu. Berikan bumbu, kemudian di bakar. Sate kambing paling nikmat dimakan pakai ketupat ataupun lontong.


.

Sop Buntut

 Kamu mendapatkan bagian ekor sapi? Bisa banget buat diolah menjadi sup buntut. Supaya empuk, kamu perlu mempresto selama beberapa menit. Tinggal ditambahkan kentang dan juga wortel, rasanya gurih dan lezat. Anak-anak pasti juga suka, nih. Siapa yang suka bikin sop buntut ketika Idul adha?


.

Tengkleng

Buat yang belum tahu, tengkleng adalah sejenis sup yang bahan utamanya berupa tulang kambing yang masih menempel sedikit daging di tulangnya. Jika dilihat-lihat, bentuknya mirip gulai ya? Akan tetapi, kuahnya jauh lebih encer dibandingkan dengan gulai. Dimakan dengan sepiring nasi hangat dan the manis hangat, enak banget!


Tongseng

Dibanding gulai, tongseng memiliki rasa yang lebih tajam. Buat kamu yang suka makan balungan (tulang belulang) bakalan suka dengan makanan ini. Bahan utamanya berupa tulang iga atau tulang belakang kambing. Kalau dapatnya daging sapi? Bisa juga kok, untuk diolah menjadi tongseng. Isian dalam tongseng cukup beragam, seperti terdapat kol, bawang putih, dan juga tomat. Beberapa orang yang enggak terlalu suka olahan diatas, membuat bakso sebagai alternatifnya. Cara membuat bakso sendiri cukup mudah, lho. Disukai oleh anak-anak juga! Apakah menu Idul adha favorit kamu? Putri Aisya


Artikel Terkait