5 Olahan Jahe & Khasiatnya

admin   17 Juli 2019 Khasiat

.

Jahe punya segudang manfaat bagi kehidupan manusia. Selain dijadikan sebagai bumbu dapur, jahe juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan ataupun minuman. Rasanya? Enak dan menghangatkan! Contohnya seperti makanan dan minuman di bawah ini, nih. Pernah cobain semua?


.

Kue atau roti jahe

Anak-anak mungkin akan kegirangan ketika melihat kue yang identik dengan bentuk orang-orangan ini, karena mengira kue itu memiliki rasa cokelat. Nyatanya, kue ini berbahan dasar jahe yang tentunya punya rasa yang sangat khas. Kue ini sangat popular dan muncul ketika perayaan natal. Di Indonesia, jahe biasa dibuat sebagai cookies, kue jahe kering, atau kue bolu kukus.


.

Asinan jahe

 Buat kalian yang sering makan di restoran sushi, pasti sering melihatnya. Jahe biasa dijadikan sebagai asinan atau acar ketika memakan sushi. Acar jahe ini biasa disebut Gari. Tujuannya adalah untuk membersihkan mulut kita dari bau amis, sehingga mulut kita akan lebih fresh ketika hendak menyantap sushi lainnya. Jadi aromanya biar enggak campur-campur gitu, deh. Rasanya sedikit pedas dan kecut.


.

Jus jahe

Apakah kamu pernah mencoba membuat jus jahe? Manfaatnya sangat banyak, lho. Selain bagus untuk kesehatan, mengonsumsi jus jahe juga baik untuk kecantikan. Jus jahe mampu menyembuhkan jerawat dan juga membuat kulit lebih bercahaya, lho. Ayo, ladies. Mulailah rutin mengonsumsi jus jahe!


.

Manisan jahe

Kalau tadi adalah asinan, kali ini jahe juga bisa dibuat menjadi manisan. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Manisan jahe hadir dalam bentuk manisan basah dengan tekstur yang agak sedikit lengket, dan juga manisan jahe dalam bentuk kering seperti permen.


.

Permen jahe

Ngantuk ketika lagi mengerjakan kerjaan di kantor? Atau merasa ngantuk ketika mengikuti pelajaran di sekolah? Melekin dirimu dengan memakan permen jahe. Sekali diemut, sensasi pedas dan hangat langsung menyeruak di mulutmu. Permen jahe bisa menggantikan permen kopi yang sama-sama bisa bikin melek! Permen jahe hadir dalam bentuk kemasan dan teksturnya keras, namun ada juga yang chewy seperti agar-agar ditaburi dengan gula.

Meski begitu, tidak semua orang menyukainya karena sensasi yang sedikit pedas. Akan tetapi, sajian olahan jahe ini banyak diminati oleh para sesepuh yang badannya selalu butuh yang hangat-hangat. Gak harus minuman, permen jahe juga bikin hangat! Putri Aisya


Artikel Terkait