6 Kembaran Makanan Indonesia di Luar Negeri

admin   26 Juli 2019 Ragam

.

Setiap negara punya makanan khas yang berbeda dengan negara lainnya. Kekhasan inilah yang bikin kita ingat dengan makanan yang kita santap tersebut. Akan tetapi, ada beberapa makanan yang bentuknya memiliki kemiripan dengan makanan dari negara lainnya. Seperti negara Indonesia, makanan khas nusantara ini punya ‘kembaran’ nya, lho!


Pangsit vs Gyoza

Bentuk luarnya sih mirip banget, ya? Pangsit berisi adonan dengan campuran ikan atau ayam yangdibungkus kulit pangsit berwarna putih kekuningan, lalu dikukus. Sedangkat gyoza berisi kubis, bawangputih, daun bawang, dan daging yang kemudian dibalut dengan kulit pangsit. Gyoza biasa disajikandalam keadaan dikukus, kemudian diletakkan diatas teflon dan dibiarkan hingga bagian bawahnya agakmencokelat.


.

Sate vs Yakitori

Di Indonesia, sate yang ditusuk dengan tusukan bamboo disebut dengan sate. Kalau di Jepang, sate disebut dengan yakitori. Sate khas Jepang ini menggunakan daging ayam, persis seperti sate diIndonesia. Bedanya adalah bentuk daging yang digunakan. Daging ayam bisa ditemukan full di yakitoritanpa dicampur dengan bagian lainnya seperti ati atau bagian kenyal berlemak. Rasanya sedikit berbedadengan sate, dimana yakitori memiliki rasa yang sedikit manis.


.

Lemper vs Sushi

Kalau jepang punya sushi, maka Indonesia punya jajan tradisional bernama lemper. Memang enggakmirip-mirip banget, sih. Akan tetapi bahan yang digunakan dan bentuknya agak sama. Sama-samamenggunakan nasi dan isian. Luarnya sama-sama dibalut oleh sesuatu. Jika sushi dibalut dengan nori,maka lemper dibalut dengan daun pisang. Bedanya lagi, sushi dipotong-potong, sedangkan lemperdibiarkan begitu saja. Isian lemper berupa suwiran ayam, sedangkan sushi biasanya berisi daging ikan segar.


.

Salad Buah vs Rujak Buah

Keduanya sama-sama merupakan makanan sehat, karena menggunakan bahan utama berupa buah-buahan. Jika salad buah biasa dicampur dengan saus mayonnaise, maka berbeda dengan rujak buah.Rujak buah mengguankan cocolan berupa sambal rujak, yang terbuat dari ulegan cabai rawit, gulamerah, dan terasi. Segar, pedas dan maknyus!


.

Leker vs crepes

Kamu suka banget jajan crepes di mall? Indonesia juga punya jajanan khas yang mirip banget samacrepes. Namanya adalah leker. Leker dibuat dengan menuangkan adonan berwarna kuning ke dalamsebuah wadah berbentuk lingkaran, dan diputar-putar. Bagian tengahnya diberi pisang potong, meisescokelat, dan susu kental cokelat. Kemudian satu sisinya diambil dan dilipat ke arah sisi lainya. Miripdengan crepes, namun crepes memiliki ‘lipatan’ yang lebih banyak dan tebal dengan bentuk mengerucutdi ujungnya.


.

Bakwan Sayur vs Pakora

Kalau lagi berlibur di India dan kangen bakwan sayur, jangan khawatir. Disana ada jajanan sejenisbakwan sayur yaitu pakora. Pakora terbuat dari adonan yang berisi beberapa campuran bahan sepertiSeperti bawang merah, terung, kentang, bayam, pisang, kembang kol, tomat, cabai atau roti sertapotongan ayam. Jika bakwan sayur biasa dimakan dengan cabai dan dicocol dengan sambal, pakorabiasa dikonsumsi dengan cocolan saus asam manis, saus kare bahkan yogurt. Coba kamu perhatikan. Serupa, tapi enggak sama kan? Kira-kira makanan apa lagi ya, makananIndonesia yang punya kemiripan dengan makanan luar negeri? Putri Aisya


Artikel Terkait