7 Makanan Halal Korea

admin   22 Juli 2019 Ragam

.

Berlibur ke Korea bukan berarti harus tidak boleh menikmati aneka hidangan lokal. Memang bagi kaum muslim mengkonsumsi makanan halal adalah sebuah kewajiban. Tapi jangan takut, banyak kok makanan Korea yang halal, yang kita lakukan hanya cari tahu jenis makanan halal apa yang ada di Korea.

 

Pertama yang harus dipastikan adalah lokasi tempat kita makan. Kalau dulu, makanan halal biasanya hanya bisa didapatkan dari orang-orang luar Korea yang muslim yang membuka usaha makan disana. Tapi Saat ini sudah banyak resto-resto Korea yang memperhatikan kehalalan sajian ini mereka. Hal ini karena meningkatnya kunjungan wisatawan dari Negara-negara muslim ke Korea.  Apa saja hidangan Korea yang halal? 


.

Samgyetang

Sup ayam masak ginseng ini dinamai Samgyetang. Cara masak sup cukup unik. Ayam yang direbus dengan api kecil selama 2-3 jam hingga empuk. Sepintas sasanya hampir sama dengan sop buntut jika di Indonesia. Menu ini sering kali ditawarkan pada wisatawan yang berkunjung ke Korea pada musim dingin.


.

Bulgogi

Bulgogi adalah   daging sapi yang dipotong seperti lembaran-lembaran tipis. Bisa dipanggang atau ditumis,   juga disajikan dengan sup kuah lezat. Bulgogi menjadi menu andalan dan paling banyak dicari oleh wisatawan yang datang ke Negeri Ginseng ini.


.

Cikin

Cikin adalah ayam yang dibalut dengan bumbu. Umumnya, makanan ini disantap dengan sejenis lobak sebagai penyeimbang. Kadanga bila sudah menggunakan lobak, nasi sudha tidak disediakan lagi.  Orang Korea menyantap cikin sambil minum soda.


.

Mul Naengmyeon

Ini pilihan jika bosan menyantap nasi. Naengmyeon akan  memanjakan lidahmu. Mulnaengmyeon adalah mie dengan kuah dingin. Biasanya hidangan sangat nikmat dimakan pada musim panas. 


.

Kimchi Bokkeumbap

Kimchi bokkeumbap adalah menu favorit wisatawan asal Indonesia. Mirip  nasi goreng yang dibuat dengan campuran kimchi di dalamnya.  Kimchi   menjadi andalan sebagian orang luar negeri yang berkunjung ke Korea Selatan juga orang asing yang menetep disana.


.

Dakgalbi

Dakgalbi adalah ayam berbumbu dan sayuran yang ditumis dengan saus gochujang. Gochujang adalah salah satu jenis saus yang sangat terkenal di Korea. Cara masaknya yang praktis dan cepat membuatnya banyak dipilih oleh wisatawan yang tengah kelaparan usai beraktifitas.


.

Doenjang-jjigae

Ini adalah makanan pokok tradisional Korea Selatan. Doenjang-jjigae makanan kuah dengan bahan utama sayuran, tahu, dan pasta kacang yang sudah difermentasi. Rasanya cukup unik dan menjadi salah satu favorit turis yang berkunjung. Paskalis Andrew


Artikel Terkait