Bunga Kenop, Liar Tapi Bermanfaat

admin   17 Juli 2019 Khasiat

.

Bunga Kenop. Anda pasti tidak familiar dengan bunga yang satu ini, bukan? Di beberapa daerah menyebut bunga ini bermacam-macam, ada yang menyebutnya bunga kancing atau bunga ratna. Kali ini makanabis akan mengulas habis manfaat bunga ini.

Bunga kenop  jenis bunga cantik berwarna ungu gelap atau sebut saja magenta. Ada pula yang berwarna putih juga merah. Bentuk bunganya menyerupai kancing. Bunga ini biasanya tumbuh liar dan sering dianggap sebagai tanaman pengganggu bagi para petani yang tinggal di pedesaan. Bunga kenop tidak sulit untuk ditemukan karena dapat ditanam di halaman rumah atau tumbuh liar di ladang yang cukup mendapat sinar matahari.

Tumbuhan ini dapat berbunga sepanjang tahun. Bunga kenop dapat digunakan dalam kondisi segar ataupun sudah dikeringkan. Kandungan alami dalam bunga kenop dapat membantu Anda untuk membuat tubuh lebih sehat. Bunga ini juga dapat dijadikan obat herbal untuk mencegah timbulnya penyakit di dalam tubuh. Hampir semua bagian dari tanamannya dapat dijadikan obat, mulai dari daun, akar, serta batang tanaman. Bunga cantik ini meskipun telah dipetik dan disimpan lama, bentuk dan warnanya tetap awet tahan lama. Bunga kenop mengandung beberapa senyawa kuat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Yuk, sama-sama kita simak apa saja manfaat bunga kenop bagi kesehatan tubuh kita.                                                 


.

Mengobati Luka Atau Koreng

Jika kita korengan, jangan minder karena makanabis sudah tahu apa obatnya. Lumatkan saja bunga kenop sampai halus lalu balurkan pada bagian yang korengan atau luka. Atau bisa juga dengan cara merebus bunga kenop dan airnya digunakan untuk mencuci yang luka.


.

Melawan Sel Kanker

Bunga kenop mengandung Betacyanin yang kaya akan antioksidan dan memiliki khasiat penyembuhan yang kuat. Kandungan ini dapat bereaksi menghilangkan kanker. Konsumsilah bunga kenop secara teratur agar sel-sel kanker berangsur-angsur hilang.


.

Melancarkan Saluran Kemih

Kandungan alami bunga kenop dapat melancarkan saluran kemih. Membuat saluran kemih bersih, sehingga tidak mengganggu kesehatan kemih.


.

Meredakan Gejala Asma

Bagi Anda penderita asma, bunga ini dapat meringankan gejala asma saat kambuh, dapat membuat pernapasan lebih mudah untuk diatur. Bunga ini dapat dijadikan teh herbal, minuman sehat pencegah asma.

 


.

Untuk Kesehatan Ginjal

Ginjal dapat lebih sehat dengan menjadikan bunga kenop sebagai minuman herbal. Bunga ini dapat melindungi kesehatan ginjal dari batu ginjal, dapat mencegah infeksi saluran kemih, membuat kencing jadi lancar.

Bunga kenop dapat dikonsumsi sehari-hari seperti minum teh. Teh bunga kenop mengandung vitamin dan mineral penting yang dapat mengobati penyakit TBC, batuk, pusing, demam, disentri, keputihan dan lain-lain. Ternyata banyak juga manfaat bunga kenop yang belum kita ketahui. Tanaman kecil tapi berkhasiat besar. Selamat mencoba. Paskalis Andrew


Artikel Terkait