Cara Mudah Hilangkan Alergi Udang

andrew   06 Agustus 2019 Tips n Trick

.

Siapa yang tidak suka udang? Bahan makanan dari laut yang satu ini merupakan salah satu makanan favorit sebagian orang Indonesia. Mengolah udang sangatlah mudah dan tidak terlalu lama karena dengan bumbu yang sederhana saja, udang sudah terasa enak. Hal ini karena rasa udang yang manis dan gurih. 


.

Udang dan jenis makanan laut terkenal dengan kandungan protein yang rendah lemak. Namun udang juga memiliki sisi buruk untuk beberapa orang termasuk menyebabkan alergi. Alergi udang bisa langsung muncul ketika pertama kali makan atau setelah beberapa kali makan. Alergi udang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh lemah saat menghadapi protein dari udang. Selain itu kandungan yodium yang cukup tinggi juga dapat menyebabkan alergi. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membantu menghilangkan alergi udang:


Gel Lidah Buaya

Reaksi alergi bermacam-macam, ada  yang gatal-gatal, bengkak atau kulit terasa sangat panas. Untuk mengatasi reaksi alergi tersebut cobalah untuk menggunakan gel lidah buaya. Gel lidah buaya bisa membantu menghilangkan gatal sehingga reaksinya tidak terlalu berat. Oleskan gel lidah buaya ke bagian yang alergi, setelah itu bersihkan dengan air hangat.


.

Minum Madu

Ketika alergi udang menjadi lebih buruk dan menyebabkan kulit gatal dan terbakar, maka segera minum satu sendok madu. Campurkan madu dengan air hangat lalu minum. Madu mengandung bahan antioksidan dan mineral yang tinggi untuk mengurangi tingginya kadar histamin. Madu juga mengandung vitamin E yang sangat baik untuk mengatasi gatal


.

Jus Lemon

Jika Anda seringkali mengalami alergi saat makan udang, minumlah jus lemon setelah makan udang. Jus lemon mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga mencegah gatal dan reaksi alergi udang yang lain. Vitamin C ini akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh, membantu tubuh menerima protein dari udang dan mengatasi kadar histamin yang sangat tinggi. 


.

Konsumsi Vitamin E Tinggi

Makanan yang mengandung vitamin E sangat baik untuk membantu mengatasi alergi udang. Semua reaksi alergi udang baik gatal atau sesak nafas bisa diredakan dengan vitamin E. Vitamin E bisa bekerja untuk mengatasi sumber alergi dan bisa memulihkan fisik sehingga kekebalan tubuh bisa melawan reaksi alergi. 


.

Minum Air Jahe Hangat

Air jahe yang hangat bisa membantu mengatasi reaksi alergi udang baik gatal atau jenis reaksi alergi yang lain. Anda bisa membuat minuman dari air panas yang dicampur dengan potongan jahe segar. Jahe mengandung bahan antioksidan dan senyawa minyak esensial seperti kaempferol. Senyawa ini bisa membantu menghilangkan mual atau sakit kepala karena alergi yang berat. Agar bahan ini bisa bekerja lebih cepat, maka pastikan minum air ini saat makan udang. Jadi Anda bisa mencegah reaksi alergi sebelum muncul.


.

Antihistamin

Antihistamin merupakan salah satu jenis obat yang bisa membantu mengatasi alergi dengan cepat. Namun obat ini tidak bisa bekerja untuk jenis reaksi alergi yang berlebihan seperti kehilangan kesadaran. Namun obat ini tidak bisa diberikan bersamaan dengan jenis epinefrin atau penderita alergi yang baru saja menerima epinefrin.


Obat Bronkodilator

Selain gatal, reaksi alergi udang dapat juga disertai sesak nafas. Untuk itu berikan penderita obat bronkodilator. Jenis obat yang bisa membantu asma ini bekerja langsung ke saluran pernafasan. Obat ini bisa membantu mengatasi reaksi yang berlebihan akibat serangan asma bersamaan dengan alergi.


Artikel Terkait