Cara Nikmat Cegah Anemia

andrew   07 Agustus 2019 Ragam

.

Pernahkah tubuh Anda terasa sangat lemas dan disertai muka pucat? Itu tandanya Anda sedang mengalami anemia.  Anemia merupakan kondisi tubuh sedang mengalami kekurangan sel darah merah. Dengan kekurangan sel darah merah tubuh akan kekurangan oksigen dikarenakan sel darah merah yang membawa oksigen keseleruh tubuh. Gejala-gejala awal untuk anemia biasanya mengalami seperti lelah, sakit kepala, kulit pucat, tangan dan kaki dingin, serta sesak napas.

Penyebab anemia bisa dari berbagai faktor seperti faktor kurang asupan nutrisi, riwayat keluarga, usia, gangguan usus, efek samping operasi, menstruasi, dan faktor-faktor lain. Anemia bisa dicegah dengan mengkonsumsi vitamin, sayuran, dan makanan yang mengandung zat besi. Makanabis  buatkan daftar makanan pencegah anemia:


.

Daging Merah

Daging merah, seperti daging sapi dan daging kambing, adalah sumber zat besi. Daging merah merupakan makanan yang sering kita temui, dalam 100 gram daging merah terkandung 2,7 mg zat besi. In sudah memenuhi 15% asupan harian yang disarankan.


.

Jeroan

Tak hanya daging merah yang baik untuk mencegah anemia namun jeroan atau organ dalam hewan baik untuk mencegah anemia karena didalam jeroan seperti hati, ginjal, otak, dan jantung mengandung zat besi yang tinggi. Dalam 100 gram hati mengandung 6,5 mg zat besi yang sudah memenuhi 36% asupan harian yang disarankan. Dengan catatan mengkosumsi jeroan tidak berlebih karena jika anda menkonsumsi secara berlebih dapat menyebabkan kolesterol.


.

Kismis

Kismis merupakan anggur yang telah dikeringkan. Dengan menkonsumsi kismis dapat membantu anda menambah sel darah merah. Kandungan zat besi dalam 2/3 gelas kismis sekitar 2 gram. Apalagi kismis disantap dengan kue, sereal, atau oatmeal akan makin nikmat.


.

Sayuran Hijau Gelap

Dalam sayur hijau seperti bayam, dan brokoli mengandung banyak zat besi dan asam folat yang dibutuhkan oleh tubuh. Disarankan memakan bayam dimasak terlebih dahulu agar dapat maksimal, memasak bayam disarankan jangan terlalu lama.


.

Kacang-kacangan

Dalam kacang-kacangan misalnya kacang polong, kacang merah, dan kacang hijau, banyak mengandung asam folat yang dimana asam folat atau vitamin B9 bisa membantu meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.


.

Semangka

Semangka sering kali dimakan ketika usai makan tapi selain sebagai pencuci mulut ternyata semangka dapat mencegah anemia. Dalam satu potong semangka mengandung zat besi sebanyak 1,5 gram selain itu semangka juga mengandung vitamin C, sebagai nutrisi untuk memudahkan tubuh dalam menyerap zat besi.


.

Seafood

Seafood, seperti kerang, udang, dan tiram kaya akan zat besi bahkan dalam 100 gram kerang terdapat 28 mg zat besi yang memenuhi 155% dari asupan zat besi harian yang disarankan.-Paskalis Andrew-


Artikel Terkait