Kearifan Lokal dalam Es Puter

putri   11 Agustus 2019 Food Story

Nikmat dalam balutan rasa tradisional, foto:makanabis/julajuli

Hampir semua orang suka es krim. Beragam rasa, ditambah beragam varian topping serta sensasi dingin ketika disantap, siapa yang bisa menolak? Sebelum kita bisa menikmati es krim dengan mudah seperti sekarang ini, dulunya es krim merupakan makanan mewah milik orang luar negeri. Atas ide cemerlang masyarakat Indonesia yang ingin mencicipi es krim namun enggak mampu, malah tercipta es krim khas Indonesia, yaitu es puter.


Asli indonesia, foto:makanabis/tribunews

Es puter, ice creamnya Indonesia

Es puter memiliki banyak sebutan, yaitu es dong dong, es tung tung ataupun es tong tong. Kok banyak banget sebutannya? Sebutan-sebutan ini diciptakan oleh banyak orang berdasarkan beberapa hal, salah satunya adalah suara yang keluar dari gong mini gantung yang biasa dipukul oleh penjual saat menjajakan es puter. Bahan dasar pembuatan es ini juga Indonesia banget, lho. Bukan susu ataupun krim, melainkan santan!


Sejarah Ice cream lokal, foto:makanabis/istw

Sejarah es puter

Dulunya terciptanya es puter ini karena keinginan masyarakat Indonesia untuk mencicipi es krim. Mungkin jaman dulu, es krim hanya bisa dinikmati oleh kalangan yang cukup berada. Salah satu bahan pembuatan es krim yaitu susu, harganya cukup mahal saat itu. Alhasil, susu tersebut diganti dengan santan. Kenapa namanya es puter? Jadi dulunya pembuatan es ini adalah dengan memasukkan adonan ke dalam sebuah tabung atau wadah besar yang kemudian diputar-putar di dalam bongkahan es batu yang sudah ditaburi garam kasar. Adonan tersebut akan mengkristal dan jadilah es putar. Es putar pertama kali dijajakan oleh para penjual dengan cara dipikul. Kemudian para penjual es puter menggunakan gerobak untuk menjajakannya.


foto:makanabis/istw

Tampilan dan cita rasa es puter

Es puter biasa disajikan dalam bentuk cone. Bisa juga dinikmati dalam gelas kaca atau plastik. Supaya lebih lezat, penjual biasanya juga menyediakan topping. Apakah toping dari es puter? Sereal, meises, permen m&m, nata de coco? Bukan. Toping yang disediakan dulunya berupa potongan kacang, potongan buah nangka, ketan hitam, atau sagu mutiara. Indonesia banget, kan?

Apakah rasanya manis ketika dicicipi? Tentu saja iya, akan tetapi lebih dominan ke rasa manis karena santannya. Es krim gurih? Kalau orang Indonesia sih sudah biasa. Coba tawarkan es krim khas Indonesia ini kepada teman-teman atau wisatawan dari luar negeri. Pasti mereka juga doyan!


foto:makanabis/cookingwithmamamiyuki

Buat es puter sendiri di rumah? Kenapa enggak?

Kamu perlu menyiapkan bahan berupa santan, gula pasir, tepung kanji atau maizena, daun pandan, kelapa muda yang sudah dikerok dan dipotong kecil-kecil serta garam halus. Rebus santan, lalu tambahkan gula pasir serta garam. Selain itu masukkan juga daun pandan, lalu rebus hingga mendidih. Sambil terus diaduk, tuangkan sedikit demi sedikit tepung maizena hingga rata dan mengental. Angkat adonan lalu dinginkan. Tuangkan adonan ke dalam wadah, lalu bekukan di freezer selama kurang lebih 3 jam. Ambil adonan lalu mixer es puter dengan kecepatan sedang. Masukkan kembali ke dalam freezer dan diamkan hingga membeku. Jadi, deh!

Es putar bisa kamu dapatkan dengan mudah di beberapa tempat, namun bisa juga sulit di temukan di beberapa tempat lainnya. Akan tetapi, kamu bisa menemukan es puter menjadi salah satu sajian dalam acara pernikahan. Topping yang disediakan biasanya adalah potongan buah nangka ataupun sagu mutiara.

Penulis: Putri aisya pahlawani 


Artikel Terkait