Gemblong Di Barat Getas Di Timur

admin   18 Juli 2019 Selera Nusantara

.

Apa yang ada di benak Anda ketika menyebut kata’Gemblong’? Namanya unik, bukan? Memang makanan khas tradisional di Indonesia banyak yang unik-unik, salah satunya adalah gemblong. Gemblong adalah makanan tradisional Indonesia yang banyak diperjualbelikan di pasar khususnya  di pasar-pasar tradisional.

Bagi masyarakat Jawa, Sunda, Betawi, makanan ini sudah tidak asing lagi. Tetapi tidak diketahui gemblong ini darimana asalnya. Kemungkinan nama kue gemblong diambil karena bentuknya yang bulat dan lonjong. Gemblong terbuat dari tepung beras ketan putih atau hitam, bentuknya bulat dan dilapisi gula aren atau gula merah. Gemblong hampir mirip dengan getas kue tradisional Jawa Timur, hanya saja getas terbuat dari tepung ketan hitam. Meskipun berbeda bahan tapi rasanya hampir sama.


.

Selain tepung ketan putih, bahan dasar gemblong adalah tepung kanji, margarin, santan, kelapa muda,dan garam. Cara memasaknya dengan digoreng. Rasanya garing di luar, empuk di dalam. Camilan atau kue ini paling pas disajikan dingin setelah gula merahnya mengeras. Kita dapat menikmati gemblong sambil minum teh atau kopi. Sangat cocok untuk menemani waktu santai kita. Adonan gemblong dibentuknya tidak terlalu tebal agar kue matang sampai bagian dalam. Apabila dimasukkan dalam larutan gula, harus segera diaduk karena gulanya cepat mengeras.

Kue gemblong merupakan salah satu kue legendaris bagi masyarakat Betawi. Kue ini cukup digemari masyarakat. Untuk generasi muda saat ini, mungkin gemblong kurang familiar bagi mereka bahkan mungkin ada yang sama sekali tidak mengenal kue ini. Cara menjajakan kue gemblong ini biasanya pedagang memiliki cara yang unik yaitu dengan meneriakkan kata-kata gemblong..gemblong… Di Bogor dan Pucak, bila Anda mendengar teriakan pedangan gemblong, berarti Anda tengah terjebak kemacetan. Buat yang belum pernah makan kue gemblong, cobain deh..rasanya manis dan enakkk...Paskalis Andrew

 


Artikel Terkait