Hati-Hati, Ternyata Yogurt Bisa Bikin Gendut!

admin   29 Juli 2019 Healthy Food

Pasti kebanyakan dari kalian akan menyeritkan dahi ketika membaca judul di atas. Bagaimana bisa, yogurt yang selama ini menjadi andalan bagi mereka yang sedang diet, bisa menyebabkan kegemukan? Eh, tapi beneran lho, kalau yogurt itu bisa bikin gemuk. Kok bisa? Mereka yang berdiet, akan bersahabat dengan yogurt

Beberapa orang yang sedang menjalankan program diet akan berupaya untuk mengonsumsi yogurt secara rutin. Pasalnya, yogurt dirasa dapat mengontrol nafsu makan. Yup, yogurt mampu membuat dirimu merasa kenyang, sehingga keinginan untuk menyantap makanan menjadi berkurang. Alhasil, cara ini dapat digunakan ketika kamu ingin menurunkan berat badan. Yogurt disebut sebagai meal replacement, dimana fungsinya adalah memberikan efek yang sama mengenyangkannya dengan ketika kita mengonsumsi makanan, namun dengan kalori yang lebih rendah.

Selain itu, yogurt dinilai sangat menyehatkan untuk penceraan, karena mampu meningkatkan proses metabolisme, menjaga kesehatan penernaan sehingga terhindar dari sembelit. Kegunaan lain dari mengonsumsi yogurt adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi, melindungi gusi, dan membuat imunitas tubuh meningkat.


.

Kandungan Yogurt

Yogurt mengandung berbagai vitamin yang tentunya bermanfaat untuk tubuh. Ketika Anda mengonsumsi yogurt, maka kamu akan mendapatkan vitamin A, B1, B2, B3, dan juga vitamin C. Selain vitamin, terdapat juga kandungan mineral seperti kalsium, fosfor dan potassium, asam amino seperti prolin, serin, dan lysin. Wah, banyak banget ya?

Lantas, apa yang membuat yogurt dapat menyebabkan tubuh menjadi gemuk? Ternyata yang membuat yogurt menjadi penyebab kegemukan adalah kita sendiri, lho. Kok bisa? Kemungkinan kita mengonsumsinya secara berlebihan dan kurang teliti untuk memilah yogurt yang akan kita konsumsi. Jumlah yang pas dalam sehari untuk mengonsumsi yogrurt adalah 150 - 200 gram bagi orang dewasa. Yogurt ada yang terbuat dari susu non skim dan susu skim. Jika kamu mengonsumsi susu non skim, maka yogurt tersebut berpotensi menambah berat badanmu. Sebaiknya, kamu memilih yogurt yang berbahan dasar susu skim.


.

Dalam setiap produk yogurt, terdapat tabel yang berisi informasi mengenai kandungan lemak serta kalori. Yogurt yang memiliki lemak tinggi mengandung kalori, dimana nantinya lemak akan menumpuk di dalam tubuh. Sedangkan yogurt rendah lemak, tentu saja memiliki kandungan kalori yang relatif rendah. Pilihlah yogurt yang rendah lemak, ya.

Beberapa orang yang merasa bosan untuk mengonsumsi yogurt begitu saja, akan menambahkan rasa atau topping untuk dimakan bersama. Beberapa orang memakan yogurt dicampur dengan salad, buah- buahan, roti atau oatmeal. Akan tetapi perlu diingat, jika terlalu banyak menggunakan toping berupa whipped cream, maka akan dapat menambah berat badanmu. PIlih yogurt dengan rasa plain dengan toping yang sehat seperti buah-buahan. Jadi plih Yogurt yang tepat! Putri Aisya


Artikel Terkait