Jangan Buang Ampas Kopi

admin   20 Juli 2019 Tips n Trick

.

Minum kopi di pagi hari sungguh terasa nikmat sekali. Minum kopi sepulang beraktifitas juga nikmat mengurangi kepenatan. Sejak pagi saat memulai aktivitas, atau sore hari saat menikmati waktu bersantai, kita tidak bisa lepas dari kopi. Tapi kemana, ampas kopi yang kita minum. Apakah hanya terbuang dan dianggap sebagai limbah? Ampas kopi jangan langsung dibuang begitu saja, karena ampas kopi memiliki banyak manfaat lho. 


.

Usir Hama dan Suburkan Tanah

Sisa seduhan kopi ternyata punya bau yang khas. Bau inilah yang membuat hama enggan menempel pada tanaman. Ampas kopi terbukti melindungi tanaman dari hama. Caranya mudah, cukup taburkan pada tanah.

Selain hama, taburan kopi pada tanah ini juga dapat menyuburkan tanaman. Ampas kopi dapat berfungsi sebagai kompos. Jika ingin membuat dalam skala yang lebih besar, Anda bisa mengumpulkan daun, atau sampah organic dan campurkan dengan ampas kopi, maka pada waktu tertentu akan menjadi kompos. 


.

Penutup Goresan Furnitur

Perabot dari kayu rawan tergores atau lecet. Selain itu, kayu juga rentan berlubang karena rayap. Ampas kopi ini bisa dimanfaatkan untuk membuat furnitur kembali terlihat seperti baru. Caranya adalah dengan mencampurkan air hangat, cuka, dan ampas kopi. Lalu gosokkan campuran tersebut ke permukaan furnitur yang memiliki goresan.


.

Hilangkan Bau Kulkas

Sudah sejak lama kopi dikenal memiliki kandungan zat yang berfungsi sebagai deodorizer yang dapat menghilangkan bau tidak sedap. Letakkan mangkuk berisi ampas kopi di dalam kulkas, tunggu, sehari kemudian bau-bau tak sedap itu pasti hilang.  


.

Membersihkan Peralatan Makan

Selain abu gosok, ampas kopi juga sangat efektif untuk membersihkan peralatan makan. Walau awalnya akan kelihatan lebih kotor, namun setelah dibilas, peralatan akan jauh lebih kinclong. Ampas kopi sangat bagus untuk membersihkan peralatan makan dari perak.

 

 


.

Membuat Lukisan

Memang tidak semua orang memiliki bakat seni melukis. Tapi bagi sebagaian orang, ampas kopi sudah bisa dimanfaatkan sebagai media untuk melukis. Bahkan beberapa seniman telah menjual karya lukis ampas kopi ini dengan harga yang tinggi.Paskalis Andrew 


Artikel Terkait