Jeruk, Panas VS Dingin

admin   29 Juli 2019 Khasiat

.

Ketika anda sedang dalam perjalanan dan hujan turun dengan lebat maka anda akan mencari tempat berteduh. Biasanya kebanyakan orang akan memilih sebuah warung sebagai tempat berteduh, sekaligus mengisi perut. Menu yang kita pesan pertama kali adalah jeruk peras hangat, karena jeruk peras hangat akan menghangatkan tubuh dan menyegarkan tubuh.

Kandungan vitamin C yang terkandung dalam jeruk baik bagi kekebalan tubuh agar tubuh tidak mudah terserang penyakit setelah melewati hujan yang lebat. Tapi minum jeruk peras hangat sebuah kesalahan yang dilakukan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Karena ketika kita minum jeruk peras hangat kandungan vitamin C yang ada dalam jeruk peras sudah berkurang ataupun rusak. Dikarenakan vitamin c memiliki sifat yang mudah rusak oleh udara, larutan alkali dan panas.


.

Semakin tinggi suhu pemanasan, membuat kadar vitamin C semakin menurun dan bahkan rusak. Penelitian menyatakan semakin lama pemanasan pada bahan makanan yang mengandung vitamin C, kadar vitamin C nya bisa menurun. Buat minuman juga sebaiknya dalam bentuk es jeruk atau air jeruk biasa. Jeruk yang diseduh dengan air panas dipastikan akan  mengalami penurunan atau kehilangan vitamin C. Memang secara rasa, jeruk tersebut tidak akan hilang, tapi secara manfaat, air jeruk tersebut minim kandungan vitamin C. 


.

Jika kita ingin mengonsumsi air jeruk yang mengandung penuh vitamin C, cara pembuataanya pun tidak sembarangan. Cara yang benar adalah  dengan memasukkan gula yang sudah dilarutkan terlebih dahulu secara terpisah dan sudah didinginkan, setelah itu larutan gula dicampur dengan air biasa atau es serta perasan jeruk.

Dalam 100 gram buah jeruk terkandung 30 IU ( International Unit) vitamin C.Vitamin c memiliki berbagai manfaat, diantaranya sebagai antioksidan, obat herbal untuk flu dan mencegah sariawan. Zat antioksidan berfungsi untuk menetralkan radikal bebas hasil oksidasi lemak, sehingga dapat mencegah beberapa penyakit seperti kanker, jantung dan penuaan dini.Vitamin c juga dapat meredakan flu, dengan cara meningkatkan fungsi sel imun, dan melawan histamin yang menyebabkan flu. Oleh karena itu, untuk mendapatkan vitamin C dalam jeruk lebih baik jeruk dimakan langsung ataupun dibuat dengan air dingin. -Paskalis Andrew-


Artikel Terkait