Karedok, Tercipta di Pengungsian

admin   24 Juli 2019 Food Story

.

Karedok adalah makanan khas dari Jawa Barat, makanan yang tak asing lagi bagi orang Bandung khususnya Sunda.  Makanan ini menjadi ciri khas bagi orang Sunda. Selain itu karedok merupakan makanan yang lezat dan menyehatkan.  Mengapa karedok merupakan makanan yang menyehatkan? Ya, karena makanan ini merupakaan makanan yang berisikan full sayuran mentah yang mengandung serat  yang bagus untuk kesehatan tubuh. Sayuran fresh dan tak ada satupun sentuhan untuk memasaknya.

Ketika kita makan karedok, kesan pertama yang muncul pasti kita akan teringat dengan pecel , lotek,  ataupun  gado - gado. Bedanya dalam penyajiannya, sayuran pada karedok tidak direbus terlebih dahulu, melainkan disajikan secara mentah kemudian diatasnya disiram bumbu kacang seperti halnya terancam makanan khas dari Jawa Tengah.


Kampung dodol berganti nama menjadi kampung karedok.

Ganti Nama

Untuk  isian dari karedok diantaranya adalah mentimun, taoge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Sedangkan saus bumbu kacangnya terbuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, dan terasi.

Diberi nama karedok dikarenakan masakan ini berasal dari Desa Karedok. Konon berawal dari sebuah perkampungan yang terletak di seberang sungai  Cimanuk.  Daerah ini dulunya merupakan wilayah Sumedang Larang atau Negara Mayeuti. Karena bencana tanah longsor maka penduduk harus berpindah ke kampung Dobol.  Singkat cerita, untuk menghormati seorang Bupati yang ikut mengungsi, maka warga kampung menyuguhkan makanan terbaik mereka yakni karedok. Karena rasa yang enak dan lezat, maka tersebarlah karedok sampai ke kampung yang lain sehingga kampung Dobol berganti nama menjadi Kampung Karedok.

Karedok memiliki kandungan gizi tinggi dan serat yang padat karena sayuran yang segar. Sayuran inilah yang jadi gudangnya antioksidan dan juga mengandung banyak vitamin, diantaranya vitamin A, D dan E. Selain itu banyak mengandung mineral seperti zat besi, kalsium dan fosfor yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dengan kesegaran sayuran, membuat karedok menjadi makanan sehat karena sayuran yang tidak mengalami proses pemasakan maka sayuran tidak kehilangan kandungan gizi yang berkhasiat bagi tubuh. Paskalis Andrew

 


Artikel Terkait