Kulit Pisang Jangan Dibuang! Banyak Manfaatnya, Lho!

putri   06 Agustus 2019 Khasiat

Apa yang kamu lakukan kepada kulit pisang setelah kamu memakan daging buahnya? Dibuang begitu saja? Mulai sekarang, jangan langsung dibuang. Kulit pisang ternyata kaya akan vitamin C dan vitamin E, kalium, dan juga zat besi. Meskipun enggak dikonsumsi, tapi kulit pisang bisa digunakan untuk mengatasi gangguan pada kesehatan ataupun kecantikan!


.

Kurangi Jerawat

Kamu punya permasalahan dengan jerawat? Mulai lelah menggunakan banyak produk kecantikan namun hasilnya nihil? Kamu bisa mengandalkan jerawat. Kandungan lutein dan karotenoid pada kulit pisang akan membantu melawan peradangan dan juga jerawat. Caranya adalah dengan menggosok-gosokkan kulit pisang di kulit wajah yang berjerawat, kemudian diamkan selama 5 hingga 10 menit, lalu bersihkan. Lakukan secara rutin, dan jerawat akan berangsur-angsur menghilang!


.

Mencegah Keriput

Kulit pisang mengandung antioksidan dan juga vitamin C yang mampu membantu mencegah munculnya keriput. Sama seperti ketika menghilangkan jerawat, kamu hanya tinggal menggosok kulit pisang ke kulit, kemudian biarkan selama 30 menit atau bahkan semalaman dan bilas. 


.

Putihkan Gigi Kuning

Semua orang menginginkan gigi yang cerah. Gigi yang cerah membuat senyuman semakin menawan. Gigi yang kuning membuat diri semakin tidak pede. Kulit pisang bisa diandalkan untuk mencerahkan gigi. Caranya pun hanya dengan menggosok kulit pisang kepada gigi selama satu menit. Lakukan secara rutin, sekali seminggu.


.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Kulit pisang mengandung serat yang dapat membantu menciptakan bakteri probiotik di usus besar. Sehingga proses detoksifikasi pada pencernaan lebih lancar. Dampaknya adalah sistem kekebalan tubuh yang lebih baik. Tubuh dengan sistem kekebalan yang baik, akan membuat tubuh bebas dari risiko penyakit.


.

Enyahkan Kutil

Kutil adalah infeksi pada kulit yang ditunjukkan dengan tanda-tanda berupa benjolan kecil berwarna kecokelatan, terkadang terasa gatal dan sakit jika disentuh. Pasti mengganggu, bukan? Kamu bisa memanfaatkan kulit pisang untuk menghilangkan kutil. Bahkan, kulit pisang mampu mencegah pertumbuhan kutil yang baru. Kamu hanya perlu menggosok kulit pisang tersebut pada kutil secara teratur. Mudah banget, kan? Asalkan harus telaten melakukannya!


.

Hilangkan Mata Panda 

Warna kulit gelap di sekitar area mata? Pasti membuat penampilan jadi kurang menarik, ya? Mau ditutupin pakai cream ataupun bedak, Cuma bisa menutupi saja. Gunakan saja kulit pisang. Kali ini kamu membutuhkan gel lidah buaya sebagai percampurannya. Keruk bagian dalam kulit pisang, campurkan dengan gel lidah buaya, lalu aduk hingga menjadi seperti pasta. Oleskan pada kantung mata, diamkan selama beberapa menit lalu bilas. Mulai sekarang jangan langsung buang kulit pisangnya, ya. Manfaatkan buah pisang hingga sampai maksimal alias sampai ke kulit-kulitnya! Putri Aisya P


Artikel Terkait