Lebih Sehat Makan Pakai Tangan

admin   12 Juli 2019 Tips n Trick

.

Makan menggunakan tangan merupakan suatu kenikmatan tersendiri. Disamping itu ada manfaat yang menyehatkan makan pakai tangan telanjang. Bagi masyarakat Indonesia, makan pakai tangan pada beberapa kondisi adalah sesuatu umum terjadi. Bahkan dalam beberapa tradisi, makan pakai tangan berkaitan dengan aktivitas ritual. Selain di Indonesia ternyata ada negara lain juga yang sehari-harinya makan menggunakan tangan, sepertia India dan Arab. Berikut adalah manfaat makan pakai tangan bagi kesehatan.


Melancarkan Pencernaan

 

Tangan merupakan organ yang paling berharga. Setiap jari adalah perpanjangan dari lima elemen yaitu ibu jari yang merupakan sebuah ruang, telunjuk menunjukkan adanya udara, jari tengah adalah api, jari manis perwakilan dari air dan jari kelingking mewakili bumi.

Karenanya, makan dengan menggunakan tangan, secara nggak langsung dapat membantu merangsang lima elemen tersebut dan membantu untuk memunculkan cairan di perut.Saraf di ujung jari yang menyentuh makanan akan mengirimkan sinyal ke otak untuk mendorong tubuh melepaskan enzim-enzim pencernaan. Hal ini membuat makanan menjadi lebih enak saat dimakan pakai tangan.


.

Mengatur Porsi Makanan

 

Makan menggunakan tangan akan lebih memudahkan untuk mengatur porsi makanan yang akan dilahap, karena kita memegang sendiri makanan tersebut secara langsung dengan tangan. Mau ambil sejumput atau segenggam,  bisa kita kira-ira sendiri mana yang bakalan muat masuk dalam mulut.


.

Sumber Bakteri Baik

 

Saat makan menggunakan tangan, maka jumlah bakteri baik di dalam tubuh dan jumlah bakteri berbahaya di dalam tubuh akan tetap seimbang. Bakteri yang ada di tangan tidak berbahaya, bakteri tersebut malah melindungi kita dari mikroba yang berpotensi merusak. Jadi saat makan menggunakan tangan, bakteri pun masuk ke dalam tubuh dan bermanfaat untuk mulut, tenggorokan, usus, dan bagus untuk kesehatan pencernaan.Pastikan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan pakai tangan dengan sabun agar tangan tetap bersih. Paskalis Andrew 


Artikel Terkait