Lezatnya Lontong Balap Legendaris Pak Gendut

andrew   05 Agustus 2019 Review

.

Surabaya memiliki makanan yang sangat melegendaris yaitu lontong balap. lontong yang disajikan dengan taburan bawang goreng dan sambal petis ini dulunya bernama lontong Surabaya. Tapi karena cara berjualannya dengan berlarian ke Pasar Wonokromo untuk memburu pembeli, jadi sering disebut lontong balap. Selain dijajakan dengan cara balapan atau berlarian, para penjual juga harus memikul kuali yang berisi kuah lontong.

Ada salah satu lontong balap surabaya yang melegenda, yaitu lontong balap Pak Gendut. Lontong balap pak gendut dimulai pada 1958. Ketika itu cara berjualannya dengan cara memikul rombong pikulan khas lontong balap keluar masuk kampung. Yang berjualan pada saat itu masih asli Pak Gendut sendiri.


.

Pada 1970an Pak Gendut membantu orang tuanya menjual lontong balap di depan gedung Bioskop Garuda. Bioskop Garuda di jalan Kranggan dikenal sebagai tempat mangkal penjual lontong balap. pada saat itu masih sering disebut lontong balap Garuda.

Selanjutnya di 1985 Pak Gendut melanjutkan usaha orang tuanya sendiri dikarenakan orang tua sudah lanjut usia. Pada 1995 lontong balap Garuda milik Pak Gendut diubah menjadi lontong balap Pak Gendut karena julukan dari para pelanggan yang mungkin tidak tahu nama asli dari Pak Gendut. Jadi pelanggan setia Pak Gendut memberikan julukan itu karena memang poster tubuhnya yang gendut.


.

Waktu terus berjalan sampai 2006, mulailah putra dari pak gendut yang bernama Aris Taufiq ikut membantu dalam berjualan lontong balap. Sampai akhirnya 2007 Pak Gendut meninggal dunia dan resep masakan lontong balap Pak Gendut diwariskan kepada putranya tersebut.

Pada 2012 lontong balap Pak Gendut yang menempati lahan gedung Bioskop Garuda digusur untuk penertiban lokasi supaya tidak merugikan pejalan kaki, karena memang saat itu lontong balap Pak Gendut menepati lahan/area trotoar. Pada 28 Oktober 2012 lontong balap Pak Gendut pindah lokasi yang sekarang bertempat di Jl. Prof. Dr. Moestop 11 Surabaya. Sebagai pewaris yang mewarisi resep masakan dari almarhum Pak Gendut, merk sudah didaftarkan secara hukum ke Kemkumham dengan merk terdaftar 000271502. Dengan merk yang sudah dipatenkan ini, maka lontong balap Pak Gendut yang asli hanyalah yang dimiliki oleh Aris Taufik.


.

Rahasia kelezatan lontong balap Pak Gedut terletak pada  aroma wangi kuah kaldu yang dimasak menggunakan kemaron atau kuali dari tanah liat dan  dimasak menggunakan bahan bakar kayu yang menambah citarasa tersendiri di lontong balap Pak Gendut.

Untuk seporsi lontong balap terdiri dari lontong, lentho, tahu, sambal petis dan tauge. Lentho terbuat dari kacang beras dan tepung terigu berbentuk seperti perkedel.   Sebagai teman makan lontong balap anda dapat memesan sate kerang lengkap dengan bumbu dan bawang goreng yang renyah. Paskalis Andrew


.

Informasi
Jl. Prof. Dr. Moestopo No. 11 Surabaya (depan PDAM + Dekat Stasiun Gubeng)
Senin - Minggu
09:00 - 20:00
17.000 -
Rasa

5.0

Suasana

4.0

Harga

5.0

Pelayanan

4.0

Kebersihan

4.0

Strategis

5.0


Artikel Terkait