Makan Belalang? Siapa Takut!!!

andrew   08 Agustus 2019 Ragam

.

Ketika kita pergi ke sawah, maka kita akan menjumpai belalang. Belalang menjadi salah satu musuh bagi petani. Karena hewan ini kerap memakan tanaman padi,  tak hanya padi belalang  kerap kali memakan tanaman sayuran misalnya jagung, kangkung, bayam dan lainnya.

 Di daerah Gunungkidul, daerah istimewa Yogyakarta, belalang  dijadikan sebagai penganan alternatif pengganti ayam, daging, atau ikan. Masyarakat daerah Gunungkidul biasanya mengolah  belalang dengan cara digoreng. Mungkin bagi anda yang belum pernah makan belalang akan merasa jijik, namun jika anda sudah pernah memakan belalang maka yang dirasakan adalah rasa yang sangat gurih dan membuat ketagihan.

Dalam tubuh belalang terkandung mineral dan vitamin seperti kalsium, protein, magnesium, pottasium, sodium, fosfor, zat besi, zinc, mangan, dan tembaga sedangkan Sedangkan kandungan vitaminnya mulai dari vitamin A, B, B1, B2, B6, E dan C, asam folat hingga berbagai jenis asam lemak.Zat-zat ini merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. 


Meremajakan Kulit.

Selain kandungan protein yang tinggi belalang banyak mengandung vitamin E yang dipercaya baik untuk kesehatan dan peremajaan kulit. Belalang goreng bisa menjadi alternatif perawatan kulit anda dari dalam.

Nutrisi Otak

belalang menpunyai kandungan protein yang tinggi sehingga sangat baik untuk meningkatkan kerja otak. Apalagi jika anak-anak yang mengkonsumsi sangat baik untuk pertumbuhan. Dengan menkonsumsi belalang anak jadi lebih cepat menyerap informasi.

Kesehatan Tulang dan Gigi.

Belalang mengandung mineral yang baik bagi tubuh manusia. Kalsium juga terkandung dalam daging belalang mineral ini dapat berfungsi untuk merawat kesehatan tulang dan gigi. Oleh karena itu menkonsumsi belalang juga bisa mencegah terjadi osteoporosis dan mengurangi nyeri punggung pada ibu hamil.

Perkembangan Janin.

Bagi anda ibu hamil makan belalang goreng dapat membantu perkembangan janin dalam perut ibu. Dikarenakan Protein, kandungan mineral dan vitamin yang lengkap serta asam lemak esensial yang terkandung dalam belalang goreng. Namun, sebelum ibu hamil mengonsumsinya, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter mengenai porsi yang pas sesuai kebutuhan janin. 


.

Meningkatkan Stamina.

Jika anda seseorang yang memiliki aktivitas yang padat tentu stamina adalah hal yang penting. Salah satu manfaat yang didapat dari mengkonsumsi belalang adalah meningkatkan stamina. Jadi bagi anda yang mudah lelah anda bisa menkonsumsi belalang goreng dan minum multivitamin.

Menurunkan kolesterol.

Penyebab utama orang terkena jantung koroner dan serangan jantung adalah kolesterol. Karena kolesterol dalam darah menumpuk dapat menyebabkannn plak pada dinding arteri. Dalam satu  ekor belalag goreng mengandung protein yang tinggi namun rendah kolesterol. Makan belalang goreng bisa menjadi solusi bagi anda yang memiliki masalah kolesterol.

Meningkatkan Imunitas

Kandungan zinc pada belalang dapat mencukupi kebutuhan harian tubuh kita, zinc memiliki fungsi sebagai sistem imun atau meningkatkan kekebalan tubuh kita dari berbagai serangan bakteri dan virus. Selain mencukupi kebutuhan zink dengan cara mengkonsumsi multivitamin, dengan cara hewani juga bisa didapatkan, salah satunya dari belalang.

Atasi Anemia
selain mineral dan vitamin belalang mengandung zat besi yang tinggi, zat besi ini bisa membantu mengobati anemia. Anemia ditandai dengan kepala pusing, badan lemas, lesu, letih, dan mudah capek. Dengan menkosumsi belalang anemia akan terobati.

Mengobati Luka

Belalang juga dikenal dapat membantu penyembuhan luka dengan cepat seperti sengatan lebah, bahkan kalajengking. Nutrisi di dalam belalang akan menetralisir racun di dalam tubuh, sehingga dapat mencegah penyakit yang lebih serius. Selain itu, mengonsumsi belalang juga dapat mempercepat proses penyembuhan dan menghilangkan ruam di kulit.

Meski bermanfaat untuk kesehatan, makan belalang juga tidak boleh sembarangan, ya. Sebab, belalang yang dapat dikonsumsi adalah jenis belalang kayu. Selain itu tidak sembarangan orang bisa makan karena ada beberapa orang yang memiliki alergi ketika makan belalang goreng. Paskalis andrew/berbagai sumber-


.


Artikel Terkait