Makanan Khas dan Unik di 5 Kota di Jawa Timur

putri   03 Agustus 2019 Selera Nusantara

Keunikan selara Nusantara, foto:eccozoezanto

Rasanya jika kamu berkeliling Indonesia, kamu akan menemukan banyak kuliner tanah air dengan rasa yang menakjubkan. Bahkan saking luasnya Indonesia ini, jenis kuliner yang kamu cicipi terasa gak aka nada habisnya. Bahkan, dalam satu provinsi saja punya banyak kuliner unik yang wajib dicoba. Salah satunya provinsi Jawa Timur. Yuk, kita intip makanan khas dari beberapa kota yang ada di Jawa Timur!


Dominasi rasa manis dan segarnya sayuran, foto: Surabayarollcake

1. Semanggi, Surabaya

Pergi ke kota Pahlawan, enggak afdol kalau belum cobain makanan semanggi. Sajian ini menggunakan bahan dasar daun semanggi, tauge kemudian disiram dengan bumbu berwarna kecokelatan seperti pecel. Sajian ini disajikan dengan daun pisang sebagai alas makannya, dan menggunakan kerupuk puli berwarna kuning sebagai pelengkap dan sebagai sendoknya, untuk menyendok semangginya. Kamu bisa menemukan semanggi ketika acara Car Free Day (CFD) di Surabaya atau di Masjid Agung ketika hari minggu pagi.


Kombinasi dua makanan yang hasilkan kelezatan. foto :lagilibur.com

Rujak soto, Banyuwangi

Kota Banyuwangi ini memang suka mencampurkan beberapa makanan menjadi satu. Selain pecel rawon, Banyuwangi juga mencampurkan rujak dan soto menjadi satu. Yep, sajiannya yaitu rujak soto. Cara ‘meracik’ makanan ini adalah dengan memasukkan bahan-bahan dari sajian rujak, seperti daun kangkung, potongan kacang panjang, sayuran, dan potongan tahu tempe. Kemudian bahan-bahan tersebut diberikan bumbu kacang dan petis. Kemudian disiram dengan kuah soto kuning. Rasanya sangatlah unik!


Kembaran nasi kucing, foto:ary430.wordpress

3. Sego Gegok, Trenggalek

Kamu suka makan nasi kucing? Trenggalek punya nasi kucing sendiri bernama sego gegok. Sego gegok adalah sajian makanan yang terdiri dari nasi, sambal teri, dan tempe goreng. Sajian tersebut kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Sederhana banget, ya? Meskipun sederhana, tapi sajian itu sangat lezat, apalagi sambil minum the hangat. Dulunya sego dibuat untuk bekal para pekerja yang ada di pegunungan. Harga sego ini sangat murah, yaitu Rp 2.500 hingga Rp 3.000. Murah meriah banget, ya?


Pendamping sate kambing, foto:maminusantara.com

Nasi Becek, Nganjuk

Bukan becek karena hujan atau banjir. Jika dilihat-lihat, bentuknya seperti kari kambing. Isiannya mirip dengan soto babat, tetapi daging yang digunakan adalah daging kambing. Cita rasanya lebih cenderung ke rasa manis. Di dalamnya terdapat irisan kubis dan juga kecambah. Biasanya disajikan dengan pelengkap berupa sate kambing.


Habis dalam sekali santap. foto :idoreg.com

Sego Sadukan, Jombang

Saduk dalam bahasa Jawa artinya  ditendang, sedangkan sego artinya adalah nasi. Apakah itu berarti nasinya ditendang? Bukan, ya. Maksud dari penamaan ini adalah lantaran porsi makanannya yang bisa langsung ludes dalam beberapa kali santap. Sajian sego sadukan terdiri dari nasi, mi, tahu dan tempe, serta ikan teri. Buat yang kelaparan berat, kayaknya butuh lebih dari dua bungkus! Apakah kamu berasal dari Jawa timur? Dari kota mana? Apa saja makanan khas dari kotamu? Tulis komentarmu di bawah, ya! Putri Aisya


Artikel Terkait