Manfaat Putih Telur Untuk Kesehatan & Kecantikan

Administrator   17 Juni 2019 Healthy Food

Selama ini telur sering dimanfaatkan hanya sebagai lauk pendamping saat sarapan di pagi hari. Namun selain dapat diolah menjadi berbagai hidangan, telur juga memiliki manfaat lainnya yang bisa digunakan terutama adalah bagian putih telur-nya. Kira-kira apa saja manfaat putih telur yang dapat digunakan dalam keperluan sehari-hari? Berikut ulasannya.


Menurunkan Berat Badan

Putih telur dikenal memiliki lebih dari setengah protein dengan kandungan kalori dan lemak yang rendah. Putih telur merupakan salah satu menu yang sering dipilih ketika akan menjalani diet atau hanya akan menjaga berat badan agar tetap stabil. Penelitian mengatakan bahwa saat seseorang mengkonsumsi putih telur di pagi hari saat sarapan, akan membuatnya terasa kenyang lebih lama.


Pertumbuhan Otot

Protein merupakan komponen penting untuk membantu membentuk dan memperbaiki jaringan dalam tubuh. Tak jarang bagi para atlet yang membutuhkan asupan protein dan karbohidrat yang tinggi sering menggunakan putih telur menjadi salah satu menu makanannya.


Merawat Rambut

Tidak banyak yang tahu bahwa ternyata putih telur juga dapat dijadikan sebagai hair tonic. Konon katanya putih terlur dipercaya mampu membantu memperkuat akar rambut agar tidak sampai mengalami kerontokan.


Menghilangkan Jerawat

Manfaat yang satu ini sudah cukup terkenal dikalangan wanita. Karena selain membantu untuk menghilangkan bekas jerawat, konon secara otomatis putih telur juga akan membantu mencerahkan kulit wajah serta mencegah penuaan dini. Pengaplikasian nya juga terbilang mudah, cukup campurkan putih telur dengan sedikit jeruk nipis atau madu jika ada kemudian tinggal oleskan pada wajah anda.


Khasiat putih telur memang terbilang cukup banyak. Namun, sangat disayangkan tidak semua orang tidak disarankan untuk mengkonsumsi putih telur karena ada sebagian orang yang alergi terhadap telur, khususnya putih telur.

Selain itu, kita juga tidak disarankan unutk mengkonsumsi putih telur pada saat masih dalam keadaan yang belum dimasak atau mentah karena dapat menyebabkan keracunan makanan akibat dari adanya bakteri Samonella.Celine


Artikel Terkait