Roti Tawar VS Roti Gandum,,,,Mana yang Lebih Unggul???

andrew   12 Agustus 2019 Ragam

Walau mayoritas masyarakat Indonesia merasa harus kenyang dengan makan nasi, namun jika sudah terburu-buru mereka memilih mengkonsumsi roti sebagai pengganti. Dan ternyata ada dua jenis roti, roti tawar dan roti gandum. Sepintas keduanya terlihat mirip. Namun sebenarnya roti-roti ini memiliki bahan serta cara pengolahan yang berbeda. Karena itu kandungan serta manfaatnya pun jadi berbeda. Lantas mana yang lebih bermanfaat??? Simak ulasan makanabis berikut ini: 


.

Bahan yang Berbeda

Roti tawar jauh lebih terkenal dari roti gandum. Padahal jika dilihat lebih dalam, bahan yang digunakan roti gandum lebih sehat dibandingkan dengan roti tawar. Roti tawar berbahan dasar tepung terigu biasa yang telah dibuang seratnya saat dalam proses penggilingan. Inilah sebabnya mengapa roti tawar lebih cenderung berwarna putih terang. Sementara roti gandum menggunakan bahan tepung yang berserat tinggi seperti tepung rye atau gandum utuh sehingga membuat warnanya jadi cokelat keruh dan bertekstur kasar


.

Proses Pembuatan

Warna putih dari roti tawar umumnya dihasilkan melalui proses penggilingan yang cukup lama, hasilnya pun akan bertahan lama karena minyak alaminya yang sudah dipisahkan. Namun, tak jarang juga ada yang menambahkan pewarna kimia agar warnanya terlihat lebih cerah. Sedangkan pada roti gandum sebagian besar melalui proses yang lebih alami dan tidak menggunakan bahan kimia apapun.


.

Jumlah Kalori

Saat kamu ingin memakan satu tangkup roti tawar, nilai kalori yang dihasilkan adalah sebanyak 175 kalori. Nilai ini tidak termasuk dengan tambahan mentega, margarin, selai, atau taburan lainnya. Ada pula roti tawar yang telah memiliki rasa pandan atau cokelat, tentunya nilai kalorinya akan naik karena adanya tambahan perasa dan gula tambahan. Sedangkan untuk satu tangkup roti gandum hanya mengandung 138 kalori, jadi bisa disimpulkan bahwa kalori yang dikandung roti gandum lebih kecil daripada roti tawar. Jika kamu sedang berdiet, ada baiknya jika kamu mengkonsumsi roti gandum daripada roti tawar.


Kadar Indeks Glikemik

Berhubung karena ada banyakanya tambahan gula dan perasa buatan pada roti tawar, maka nilai kandungan mineral dan vitamin pada roti tawar jadi lebih sedikit alias berkurang dibandingkan dengan roto tawar yang masih banyak memiliki serat, vitamin B, protein, serta lemak. Sedangkan untuk nilai glikemik roti gandum masih memiliki nilai indeks glikemik yang terbilang rendah, hanya sekitar 49 per 100 gram, sedangkan roti tawar memiliki nilai indeks glikemik hingga 80 per 100 gram.


.

Harga Jual

Karena menggunakan bahan-bahan yang alami dibandingkan dengan roti tawar, harga yang diberikan roti gandum memang sedikit lebih mahal. Jika kamu melihat kepasaran akan ada selisih harga 3.000 hingga 5.000 per bungkusnya. Tak heran mengapa roti tawar terjual lebih cepat daripada roti gandum. Tapi memang tidak bisa kita pungkiri jika berbicara mengenai kandungan serta manfaatnya, roti gandum memang menjadi pilihan pertama.Paskalis Andrew


Artikel Terkait