Sambal Penggugah Selera

admin   25 Juli 2019 Selera Nusantara

.

Kurang pas rasanya jika   makan tanpa ada sambal. Bagi sebagian orang, menyantap makanan kurang nikmat jika tanpa kehadiran sambal. Sambal dapat meningkatkan citarasa dan selera makan. Sebagai pelengkap, sambal harus dibuat tidak kalah enak dengan makanan utamanya.

Di Indonesia  banyak sekali  varian sambal yang menggunakan bahan bermacam-macam dan cara pembuatan yang berbeda –beda. Racikan sambalnya beraneka ragam di tiap-tiap daerah. Masing-masing sambal memiliki kekhasan rasanya tersendiri. Keunikan citarasa sambal didapat dari jenis cabai yang ada di beberapa daerah di Indonesia. Cabai-cabai ini memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Di beberapa daerah di Indonesia, ada beberapa sambal khas nusantara dengan rasa yang unik. Apa saja itu?


.

Sambal Matah

Sambal khas Indonesia yang berasal dari Bali. Dengan rasanya yang pedas segar dikarenakan sambal ini tidak dimasak dengan api, tetapi semua bahannya segar dan mentah. Tidak perlu diulek atau dihaluskan tetapi semua bahan diiris tipis-tipis sekali.

Bahan  sambal matah terdiri dari cabai rawit, bawang merah, bawang putih, serai, jeruk nipis dan minyak goreng. Semua bahan diiris tipis-tipis, dicampur kemudian tambahi gula dan garam. Setelah tercampur rata, siram dengan minyak panas dan perasan jeruk nipis. Taburkan sambal ini ke gorengan ikan, suwiran ayam, daging empal ataupun sate lilit. Kurang lengkap rasanya jika makan sate lilit tanpa sambal matah.


Sambal Terasi

Siapa sih yang gak kenal sambal terasi..Sambal terasi punya kelezatan khas yang sangat digemari banyak orang. Sambal yang satu ini berbahan dasar terasi. Lebih enak jika terasi yang digunakan dari udang  rebon atau ikan. Biasanya sambal terasi dapat dikonsumsi mentah atau digoreng baru diulek. Sambal ini dapat disantap dengan lalapan mentimun, kemangi  atau selada.

Cara membuat sambal terasi sangatlah mudah. Pertama-tama gunakan terasi yang sudah dikukus atau dibakar terlebih dahulu, kemudian campurkan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, gula merah dan garam. Setelah itu ulek semua bahan sampai halus, tambahkan perasan jeruk nipis atau jeruk limo.

 


.

Sambal Bawang

Sudahkah Kamu mencoba sambal bawang? Kenikmatan sambal bawang bisa menambah cita rasa makanan yang disantap. Wangi  dan rasa yang kuat sambal bawang berasal dari bawang putihnya. Semakin banyak bawang yang kita pakai semakin mantap rasa sambalnya.

Bahan-bahan yang digunakan yaitu cabai rawit dan bawang putih yang diulek mentah kemudian tambahkan siraman minyak goreng panas. Sambal bawang siap dinikmati dengan geprekan ayam, atau telur geprek dan lainnya.


.

Sambal Rujak

Sambal rujak pada dasarnya hanya sebagai pendamping makan buah. Bahan dasarnya adalah tumbukan kacang goreng ditambah gula merah dan asam jawa. Dengan buah-buahan segar yang dipotong-potong. Cara makannya dengan cara buah disiram dengan sambal rujak atau buah dicocol ke sambalnya.  Lebih nikmat jika dimakan dingin.


.

Sambal Cabe Ijo

Sambal cabe ijo, sambal spesial khas rumah makan Padang. Sambal ini menjadi favorit banyak orang karena rasanya dan warna ijonya yang khas. Jika kamu makan di rumah makan Padang, kurang lengkap rasanya jika tanpa sambal cabe ijo. Selain sebagai pelengkap makan di rumah makan Padang, sambal ijo juga pas sekali untuk pendamping makan ayam goreng, ikan goreng atau masakan yang dibakar lainnya.

Untuk membuat sambal cabe ijo, bahan utamanya adalah cabe hijau besar yang menjadikan sambal tersebut tidak terlalu pedas. Pertama-tama cabe hijau dibuang biji lalu dikukus. Campur dengan tomat, bawang putih, gula dan garam, diulek lalu ditumis. Jangan lupa beri perasan jeruk nipis agar rasanya jadi rame, pedas dan asam. Sambal cabe ijo sangat cocok buat kamu yang tidak suka pedas.

 

Bagaimana? Membuat sambal cukup mudah dan praktis bukan? Kamu  bisa langsung mempraktekkannya di dapur Kamu dan jangan sungkan-sungkan untuk memodifikasi resep-resep sambal di atas. Selamat mencoba ya! Paskalis Andrew


Artikel Terkait