Sate Padang Kuliner Khas Minangkabau

andrew   05 Agustus 2019 Selera Nusantara

Siraman Soas rahasia makin membuat nikmat, foto:inforesep.

Pernah ke Padang, Sumatera Barat? Kota Padang adalah kota terbesar di pantai barat pulau Sumatera dan merupakan ibukota dari provinsi Sumatera Barat. Seperti suku-suku lain di Indonesia. Makanan-makanan tradisional yang khas Sumatera Barat ini  juga berlimpah. Salah satunya sate padang.Biasanya jika kita ditanya apa makanan khas Padang, pasti kita dengan serentak akan menjawab ‘Rendang’. Betul? Tidak salah sama sekali karena rendang memang sangat populer di Minangkabau dengan kekhasan rasanya yang legit dan lezat, bumbunya yang meresap didaging karena proses memasak yang cukup lama.

 


Tapi jangan salah, ternyata bukan hanya rendang yang populer di Padang tetapi juga satenya yang biasa kita sebut sate Padang. Dan masih banyak lagi makanan khas Padang yang belum kita kenal. Kali ini makanabis hendak membahas mengenai  sate Padang.

Sate Padang berbeda dengan sate Madura yang berbumbu kacang, sate Padang ini justru memiliki kuah kental berwarna kuning  yang dibuat dari rebusan tepung beras, ditambah dengan  cabai merah, serai, jinten, ketumbar, jahe, lengkuas, kunyit, lada, dan lain-lain. Daging yang digunakan daging sapi atau daging kerbau. Selain dagingnya, bagian jeroan seperti usus, paru dan lidah juga dijadikan sate. Sate Padang biasanya dimakan dengan lontong atau ketupat disertai kerupuk kulit yang lebih dikenal dengan sebutan kerupuk jangek. Agar lebih nikmat lagi jangan lupa taburan bawang gorengnya ditambah sambal yang pedas.

Perbedaan sate Padang dan sate yang lain adalah jika sate Padang dagingnya sudah matang baru dipanggang sedangkan sate yang lain, dagingnya mentah sebelum dipanggang. Meskipun berbeda pengolahannya tapi mungkin dari segi rasa tetap sama-sama enak kali yaa.. Meskipun kelihatannya sama, ternyata sate Padang terdiri dari tiga jenis yang berbeda sesuai dengan daerah asal dan kuah yang diracik. Apa saja jenis satenya?


.

Sate Darek khas Padang Panjang

Sate ini berasal dari Padang Panjang. Kuahnya berwarna kuning cerah karena menggunakan kunyit. Rasanya gurih dan pedas. Dengan aroma wangi yang menggoda ditambah kerupuk kulit yang dicelup kedalam kuah kuning.


.

Sate Pariaman

Sate Pariaman memiliki warna kuah merah kecoklatan. Rasa pedasnya lebih dominan daripada sate Padang Panjang. Kuahnya dari tepung beras, kanji, bawang putih dan merah, ketumbar, cabai. Nikmat banget, kan..


Sate Padang Kota

Biasa disebut sate Dangung-Dangung. Satenya jauh lebih manis dibaluri parutan bumbu kelapa kekuningan. Kuahnya kuning kecoklatan dan kental dengan aroma wanginya. Rasanya gurih dan manis. Sate ini merupakan perpaduan sate Padang Panjang dan sate Pariaman.

Dari ketiga jenis sate tersebut, mana yang menjadi favorit Anda? Paskalis Andrew

 


Artikel Terkait