Selain Es Pisang Ijo, 7 Minuman Es Khas Indonesia yang Puaskan Dahaga!

putri   11 Agustus 2019 Selera Nusantara

Memasuki musim kemarau, memang membuat hawa menjadi panas dan gerah. Bawaannya ingin pakai baju yang tipis, mengurung diri di ruangan yang ada AC nya dan tentu saja mengonsumsi minuman dingin. Bersyukurlah, karena kalian tinggal di negara dengan sejuta minuman es! Selain es pisang ijo, masih ada banyak lagi minuman es khas Indonesia. Apa aja, ya? simak ulasan makanabis berikut ini:


Es Kopyor

Kopyor sendiri sebenarnya merupakan sebutan untuk kelapa yang mengalami kelainan genetik, sehingga tidak berbentuk sebagaimana semestinya buah kelapa. Bagian dagingnya terlihat bergumpal dan seakan terlepas dari tempurungnya, teraduk dan berantakan. Airnya sedikit sehingga ketika digoyangkan akan terdengar seperti terdapat pasir di dalamnya. Tekstur kopyor sangatlah lembut sehingga banyak orang yang menyukai es ini. Gak kalah enak sama es degan!


Es Doger

Nama doger sendiri adalah singkatan dari dua kata, yaitu “dorong” dan “gerobak”. Hal ini lantaran dulunya es ini dijual dengan menggunakan gerobak, setelah sebelumnya dijual dengan cara dipikul. Es ini terkenal berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Meski begitu, sekarang kamu bisa menemui es doger dimana pun dengan mudah. Isian dari minuman ini adalah Tape, ketan hitam, potongan buah alpukat, potongan daging kelapa, roti tawar dan juga sagu mutiara yang kemudian diberikan susu dan juga es.


Es Manado

Apakah kamu berpikir jika es ini menggunakan susu karena berwarna putih? Eitss, ternyata warna putihnya ini bukan karena susu, lho. Es ini berbahan dasar buah sirsak. Daging buah sirsak akan diblender dan dicampur dengan air gula, es batu dan sedikit air. Isiannya berupa alpukat, buah stroberi ataupun nata de coco, jelly, ataupun selasih. Rasanya ketika dicicipi? Manis!


Es Dawet

Es dawet merupakan es yang asalnya dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Penampakan minuman ini memiliki kuah berwarna putih yang dibawahnya terdapat cairan berwarna cokelat yang merupakan gula merah cair, lalu terdapat semacam bahan berwarna hijau. Bahan tersebut terbuat dari tepung beras yang diberikan warna daun suji sehingga berwarna hijau. Cara meminumnya adalah dengan mengaduknya hingga rata. Rasa dari minuman ini sangat manis. Mirip es cendol, ya? Perbedaannya hanya terletak pada bahan pembuatan dasar es cendolnya.


Es Selendang Mayang

 Nah, ini dia es khas Indonesia asal betawi yang mulai susah untuk dicari. Es ini biasa disajikan dalam acara pernikahan orang Betawi. Di dalamnya terdapat kue yang memiliki tekstur kenyal berwarna-warni yang terbuat dari tepung hunkwe. Kemudian minuman ini disiram kuah santan dan gula cair. Rasanya sedikit gurih. Hayo, belum pernah cobain kan?


Es Nona

Dulunya, es asal Pontianak ini dijual oleh seorang perempuan yang di sapa “Nona”. Minumannya terlihat cantik karena berwarna pink. Isiannya berupa potongan buah papaya, kacang merah, tape serta susu kental manis. Pepayanya direndam dalam air kapur sirih, sehingga tetap ‘renyah’ ketika digigit. Minuman ini termasuk minuman legendaris, lho!


.

Es Gempol Pleret

 Minuman es gempol pleret banyak dijual di Kota Jepara, Jawa Tengah. Gempol disini adalah penamaan untuk bahan es yang berupa adonan tepung beras yang dibentuk bulat, diwarnai dan dikukus. Kemudian gempol ini disiram dengan sirup, santan, gula cair lalu ditambahkan es. Sementara pleret dibentuk menjadi pipih dengan warna merah muda. Ketika digigit, kamu bisa merasakan lembutnya gempol serta kenyalnya pleret. Perpaduan yang lezat!

Jangan lupa untuk mencicipi es khas Indonesia, ya. Enggak kalah enak dengan minuman boba, loh! Putri Aisya Pahlawani


Artikel Terkait