Semanggiiiiiiiiii, Khasitnya Tak Sekecil Daunnya

andrew   13 Agustus 2019 Khasiat

.

Semanggi bagi masyarakat Surabaya, peganan ini sudah tidak asing lagi. Bahkan semanggi adalah salah satu kuliner khas Surabaya yang saat ini sudah mulai langka. Daun semanggi sendiri termasuk dalam keluarga tanaman paku yang mudah ditemukan pada areal persawahan.

Kudapan semanggi Surabaya memiliki kesamaan dengan pecel dalam hal penyajiannya. Umumnya disajikan dengan sayur lainnya seperti tauge, dan jantung pisang lalu disiram dengan bumbu saos kacang dan ditambahkan kerupuk puli pada bagian atasnya.

Meskipun semanggi jenis tanaman paku, tapi semanggi memiliki kandungan nutrisi dan khasiat yang bagus untuk tubuh. Kandungan gizi yang ada pada semanggi segar adalah air sebanyak 89.02%, abu 2.7%, protein 4.35%, lemak 0.27%, serat kasar 2.28%, dan karbohidrat sebesar 1.38%. Maka dari itu, sangat wajar jika jenis sayuran yang satu ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Ketika semanggi dikukus, memang kandungan gizi yang ada pada semanggi akan sedikit berkurang, tapi proses ini menyebabkan karbohidrat pada semanggi semakinmeningkat.

Di dalam dunia kesehatan, daun semanggi ini dikenal ampuh untuk mencegah dan mengatasi berbagai macam jenis penyakit.Sebab di dalam daun semanggi mengandung berbagai jenis kandungan senyawa seperti minyak atsiri, zat samak, saponin, dan masihbanyak lagi yang lainnya. Bahkan menariknya lagi, beberapa kandungan tersebut ternyata ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit mulai dari yang ringan sampai yang masuk dalam kategori kronis. Supaya Anda tidak salah dalam memahami khasiat dari daun semanggi, simak ulasan makanabis berikut ini:


.

Terlambat Datang Bulan

Bagi wanita yang mengalami terlambat datang bulan tentu sangat menggangu. Namun jika anda mengkonsumsi semanggi secara rutin sebelum waktu datang bulan, maka haid yang tidak lancer akan jadi teratur. Karena dalam daun semanggi mengandung senyawa yang akan menyeimbangkan hormon sekaligus meredakan stress yang sering dirasakan ketika haid tidak lancar.

Infeksi Saluran Kencing

Tak hanya mengatasi terlambat haid daun semanggi pun berkhasiat untuk mengatasi infeksi saluran kencing. Saluran kencing ini berpotensi terkena berbagai macam jenis infeksi dikarenakan menjadi sarang dari kuman dan bakteri. Dan ketika ada permasalahan pada saluran kencing, bisa Anda atasi dengan memanfaatkan daun semanggi ini


.

Anti Hipertensi

Bagi para senior atau kamu yang tidak ingin memiliki penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi maka sebaiknya konsumsilah daun semanggi secara teratur.

Meredam Demam

Ketika demam melanda anda akan mengambil obat. Ingat, tidak semua penyakit harus selalu minum obat,  obat-obatan mengandung bahan kimia yang tidakbaik. Oleh karena itu disarankan untuk mengkonsumsi daun semanggi untuk meredam demam. Karena memiliki kemampuan untuk menetralkan suhu tubuh sehingga panas bisa dengan mudah diredahkan.


.

Anti Diare

Tak hanya daun jambu yang dapat digunakan sebagai anti diare. Daun semanggi juga memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diare. Senyawa daun semanggi akan membunuh semua kuman penyebab penyakit diare. Selain itu, rutin mengkonsumsi daun semanggi juga akan membuat system pencernaan semakin sehat dan lancar.

Obat Hepatitis

Daun semanggi juga bisa dimanfaatkan sebagai obat hepatitis atau penyakit kuning. Kandungan alami pada daun semanggi bisa Anda jadikan sebagai obat herbal penyakit hepatitis tanpa menimbulkan efek samping.Paskalis Andrew


Artikel Terkait