7 Ide Kreatif Makanan untuk Perayaan 17 Agustus.

putri   13 Agustus 2019 Selera Nusantara

Sebentar lagi Negara Indonesia akan memperingati hari yang sangat penting. Hari yang sangat penting tersebut tahun ini akan jatuh pada hari sabtu. Tanggal 17 Agustus, telah menjadi tanggal yang membahagiakan bagi semua warga Indonesia. Pada hari itu, warga Indonesia tengah merayakan Hari Kemerdekaan. Dimana-mana akan terlihat banyak bendera merah putih berkibar, lomba seru agustusan serta nuansa merah putih. Bagaimana dengan makanan? Coba deh kalian lihat, makanais menyajikan suguhan yang cocok untuk perayaan 17 Agustus!


foto:istw

Terang Bulan

Ada banyak topping yang bisa kamu minta dan pilih ketika membeli terang bulan. Berhubung lagi ada perayaan hari kemerdekaan Indonesia, kamu bisa minta terang bulan merah putih. Bisa jadi tetap menggunakan terang bulan biasa yang berwarna kuning, dengan topping keju parut dan selai stroberi. Bisa juga dibuatkan terang bulan red velvet, dan keju serta susu kental manis putih di bagian tengahnya. Kenyang dan lezat!


foto:istw

 Klepon

Jajanan klepon ini adalah jajanan tradisional Indonesia banget. Bakalan sangat cocok untuk dijadikan camilan untuk menikmati acara perayaan 17 Agustus. Apalagi tampilannya bisa dibuat menjadi seperti warna bendera kita, yaitu merah dan putih. 


foto:istw

Nasi Tumpeng

Kalau ada acara penting, orang Indonesia sukanya menyediakan nasi tumpengan. Biasanya sih nasinya menggunakan nasi putih atau nasi kuning. Khusus untuk merayakan hari kemerdekaan, kamu bisa menggunakan nasi putih yang dipadukan dengan nasi dari beras merah. Nasi putihnya di bagian bawah, sedangkan nasi beras merah di bagian ujungnya. Jangan lupa diujungnya diberikan hiasan berupa bendera merah putih mini.


foto:istw

Putu Bendera

Mungkin kamu perlu memasukkan jajanan khas Kota Barus ini ke dalam deretan makanan hari kemerdekaan RI. Kota barus terletak di pesisir Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Jajanan ini berwarna merah menyala dan putih, persis seperti warna bendera Negara Indonesia. Teksturnya padat dan keras. Ketika digigit, akan terasa renyah dan manis.


foto:istw

Roti kukus

Mau menyediakan kue untuk hari kemerdekaan? Buatlah kue yang warnanya bisa dimodifikasi dengan mudah, seperti roti kukus. Kue favorit anak-anak, nih. Tambahkan pewarna makanan sehingga menjadi warna merah dan putih. Akan tetapi disbanding merah, lumrahnya roti kukus berwarna pink dan putih, ya? Enggak apa-apa, masih bisa disambungin tema merah putihnya. Hihihi


foto:istw

Puding

Butuh camilan yang seger? Mungkin perlu juga untuk disediakan puding. Puding adalah salah satu makanan yang mudah dimodifikasi warna dan bahannya. Untuk membuat warnanya merah, bisa menggunakan rasa stroberi, red velvet atau semangka. Sedangkan bagian putihnya, bisa menggunakan rasa vanilla atau susu.


foto:istw

Cenil

Bahan dasar makanan ini terbuat dari terbuat dari pati ketela pohon. Bentuknya bisa berupa bulatan kecil, atau berbentuk kotak. Supaya pas dengan nuansa 17 Agustus, maka bisa diberikan pewarna makanan warna merah. Sedangkan warna putihnya didapat dari parutan kelapa yang menjadi taburannya.

Bagaimana dengan minumannya? Kamu mungkin bisa menyediakan sirup stroberi, jus semangka, es degan atau susu putih? Pokoknya nuansanya merah putih! (putri aisya pahlawani)


Artikel Terkait