Kembali ke Article

10 Kebiasaan Memasak Berbahaya (2)

03 Aug 2020 Tips n Trick
10 Kebiasaan Memasak Berbahaya (2)
03 Aug/2020

Memasak adalah kegiatan menyiapkan makanan dengan cara memanaskan pada bahan makanan agar bahan makanan tersebut bisa dikonsumsi. Dengan berbagai metode dan peralatan serta dikombinasi bumbu untuk mendapatkan cita rasa yang diinginkan.

 

 

Kesalahan-kesalahan dasar dalam memasak ternyata dapat berbahaya. Makanabis telah merangkum 10 kesalahan yang paling sering dilakukan. Walau kesalahan ringan, namun dampaknya dapat membahayakan kesehatan. Berikut ini lanjutan dari 10 kesalahan yang paling sering dilakukan. 

 

Penggaraman Daging dan Ikan

 

Jangan pernah memberikan garam pada daging dan ikan dan tidak kembali menyimpannya di kulkas.  Ini adalah kesalahan memasak yang lebih khas yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Selalu ingat tentang kisaran suhu berisiko untuk pertumbuhan bakteri. Sebaiknya setelah penggaraman langsung masukkan daging atau ikan ke kulkas. 

 

Kurang Matang

 

Makanan dianggap aman hanya jika dipanaskan pada suhu tertentu. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan semua bakteri hilang. Untuk memastikan bahwa ikan atau daging dimasak dengan benar, Anda dapat menggunakan termometer dapur.

 

Mencuci Tangan

 

Bakteri hidup di semua permukaan, bahkan di tangan kita. Bayangkan berapa banyak hal yang Anda sentuh pada siang hari, dan ketika Anda mulai memasak tanpa mencuci tangan, Anda dapat memindahkan semua bakteri itu ke makanan Anda. Dan jangan lupa untuk mencuci tangan setelah selesai!

 

Daging Gelongongan

 

Banyak produsen unggas menyuntikkan air asin atau air ke daging mereka untuk menambah berat produk mereka. Pertama-tama, produk-produk tersebut tidak  aman, jadi perhatikan saat membeli ayam dan membaca bahan-bahan tambahan dengan hati-hati. Hal-hal tambahan ini juga dapat mempengaruhi rasa makanan Anda.

 

Madu Suhu Tinggi

 

Menurut penelitian, memaparkan madu pada suhu tinggi dapat menyebabkan penurunan kualitasnya dan dapat menyebabkan peningkatan beberapa senyawa karsinogenik. Jadi, lebih baik tidak menambahkan madu ke teh atau makanan panas, atau tunggu setelah suhu sudah turun. habis

Article Lainnya


5 Cara Memanfaatkan Daun Jeruk Purut

5 Cara Memanfaatkan Daun Jeruk Purut

Sejak lama, jeruk purut dimanfaatkan tak hanya buah tapi juga daunnya. Yang paling sering pe...

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Penelitian menyimpulkan jika buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antiok...

Asinan Nanas, Seger  Pedas Rasa Nendang

Asinan Nanas, Seger Pedas Rasa Nendang

Selain dijadikan bahan untuk rujak, nanas juga sangat nikmat dijadikan asinan. Asinan adalah...

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar berasal dari kata dalam bahasa Hindi dan Sansekerta. Artinya kurang lebih sama seperti ...

JELAJAH