Kembali ke Article

10 Manfaat Jamur Shimeji untuk Kesehatan (bag-1)

26 May 2021 Khasiat
10 Manfaat Jamur Shimeji untuk Kesehatan (bag-1) source : miracle mushrooms
26 May/2021

Jamur himeji atau buna shimeji, jenis jamur yang sangat nikmat rasanya. Selain enak, jamur shimeji memiliki banyak manafat bagi kesehatan.  Jamur shimeji memiliki nama latin Hypsizygus Tessellatus yang merupakan jamur yang sangat sulit dibudidayakan. Jamur shimeji biasa tumbuh dipohon beech atau fagus yang sangat banyak tumbuh di Eropa dan Asia.

 

 

 

Jamur shimeji tidak dapat dikonsumsi secara mentah karena memiliki rasa yang amat pahit. Namun, rasa pahit ini dapat dihilangkan dengan memasak jamur shimeji. Berikut ini Makanabis ulas 10 manfaat jamur shimeji secara bersambung : 

Kelezatan aneka hidangan berbahan jamur shimeji, source : asian inspiration
Kelezatan aneka hidangan berbahan jamur shimeji, source : asian inspiration

 

Antiinflamasi

Secara alamiah, jamur shimeji  berfungsi sebagai antiinflamasi alami. Kandungan antiinflamasi Sesuai dengan namanya, kandungan ini berperan sebagai pencegah terjadinya inflamasi atau peradangan dalam tubuh. Pada jamur ini ada senyawa  ergothioneine, yang juga dipercaya ampuh untuk menurunkan efek peradangan pada tubuh.

 

 

Antioksidan

 

Meski secara penampilan tidak memiliki warna yang cerah seperti sayur dan buah-buahan berantioksidan lainnya, namun jamur shimeji memiliki beberapa senyawa antioksidan di dalamnya. Senyawa tersebut antara lain, selenium, beta-glukan, dan ergothioneine. Peran senyawa antioksidan sangat penting untuk melindungi imun tubuh. Terutama sebagai penangkal efek samping yang diakibatkan dari akumulasi dari   radikal bebas dalam tubuh.

Menu vegetarian dari jamur shimeji, source : vegertarian recepies
Menu vegetarian dari jamur shimeji, source : vegertarian recepies

 

Menekan Kanker

Kandungan antioksidan   jamur shimeji, seperti selenium dan beta-glukan, secara ilmiah   efektif  menekan risiko kanker. Secara prisip pengobatan,   kedua senyawa tersebut berfungsi meminimalisir efek radikal bebas dalam tubuh. Jika   dibiarkan dan menumpuk dalam rentang waktu yang lama, efek buruk ini bisa memicu timbulnya berbagai penyakit kronis, salah satunya yaitu kanker.

 

 

Penetral Racun

Selenium dalam jamur shimeji ini  memiliki fungsi sebagai penetral racun dalam tubuh. Caranya kerjanya  dengan mengubah racun menjadi cairan netral di dalam tubuh yang  tidak berbahaya. Tak hanya penetral racun, peran lain selenium yaitu sebagai perangsang tubuh sehingga produksi selenoprotein lebih optimal. Fungsi selenoprotein sendiri berkaitan erat dengan kesehatan tubuh seseorang.

 

Sumber Vitamin D

Sangat sulit sekali menemukan sumber pangan nabati yang mengandung vitamin D. Kebanyakan, jenis vitamin D memang lazim ditemui pada produk makanan hewani. Salah satu sumber pangan non-hewani yang mengandung vitamin ini yaitu jamur-jamuran, termasuk jamur shimeji. Vitamin D memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, selain baik untuk menjaga kekuatan dan pertumbuhan tulang, vitamin ini juga berperan untuk menjaga kesehatan paru-paru dan organ kardiovaskular. (bersambung)

 

 

Article Lainnya


Manggis, Buah Raja Antioksidan

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Penelitian menyimpulkan jika buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antiok...

Asinan Nanas, Seger  Pedas Rasa Nendang

Asinan Nanas, Seger Pedas Rasa Nendang

Selain dijadikan bahan untuk rujak, nanas juga sangat nikmat dijadikan asinan. Asinan adalah...

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar berasal dari kata dalam bahasa Hindi dan Sansekerta. Artinya kurang lebih sama seperti ...

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Keluhan kesehatan yang paling sering terjadi pada masa sekarang adalah hipertensi dan kolest...

JELAJAH