Kembali ke Article

12 Mamin Kegemaran Rasulullah SAW (1)

23 Jul 2020 Ragam
12 Mamin Kegemaran  Rasulullah SAW (1)
23 Jul/2020

Setiap muslim percaya, semua yang dilakukan Rasulallah SAW adalah contoh baik. Tuntunan yang beliau ajarakan selain berpahala, juga memberi manfaat terbaik bagi umat manusia. Ada banyak tauladan yang diberikan lewat berbagai hal, salah satunya makanan dan minuman. Berikut adalah 12 makanan dan minuman yang makanabis rangkum yang terbukti secara klinis   sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Air Minum

 

 

Orang Indonesia menyebutnya sebagai air putih. Sebuah minuman sederhana namun manfaatnya sangat besar bagi kehidupan manusia. Bahkan air adalah sumber kehidupan, “Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” (QS. 21: 30).

 

Faktanya, air putih juga baik untuk memperlancar sistem pencernaan, memperlambat tumbuhnya zat-zat pemicu kanker dan manfaat lainnya. Bahkan meminum air putih secara benar dapat meningkatkan produksi hormone testosterone yang berguna bagi kesuburan laki-laki dan meningkatkan hormone estrogen pada wanita.

Barley atau Jelai

 

 

Jelai masuk dalm sejenis gandum yang biasanya dipakai untuk membuat sereal. Rasulallah SAW pernah menyarankan memakan ini saat seseorang terkena demam. Olah yang disarankan dalam bentuk sup hangat.

 

Kurma

 

Banyak hadits yang meriwayatkan betapa Rasulallah SAW sangat menyukai kurma. Rasulullah SAW bersabda, “Rumah yang didalamnya tidak ada kurma, penghuninya adalah orang-orang lapar.” (HR. Bukhari).

 

 

Beliau juga bersabda, “Berikanlah kurma kepada wanita yang akan melahirkan, agar anaknya menjadi murah hati. Itu adalah makanan Maryam saat akan melahirkan Isa, sekiranya Allah mengetahui ada yang lebih baik dari itu, tentu Dia akan memberikan kepadanya.” Kurma juga berfungsi sebagai penawar racun dalam proses detoksifikasi. Itulah alasannya mengapa berbuka puasa dengan memakan kurma. 

Buah At-Tin

 

 

Sejatinya buah ini tidak tumbuh di Jazirah Arab. Ada yang menduga at-tin atau buah ara berasala dari Asia Barat. Dalam sebuah riwayat  Abu Darda ra. Rasulullah menyebut buah at-tin  sebagai buah yang berasal dari surga dan dapat menyembuhkan wasir dan encok. Menurut penelitian medis dapat mengobati sembelit, penyakit usus dan lambung, bisul, haid tidak teratur dan masih banyak yang lainnya.  

Anggur

 

Buah ini disebutkan di dalam Quran, “Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS: An Nahl: 11).

 

Rasulallah SAW sangat menyukai buah ini dan menyebutnya  dapat mencerahkan wajah dan menghilangkan dahak, “(HR Abu Nuaim).

 

Faktanya  anggur sudah terkenal khasiatnya. Selain sebagai makanan yang memiliki zat penguat jantung, liver, dan paru-paru. Bahkan buah ini juga , buah ini juga terbukti berfungsi sebagai zat kosmetik. Jaman dulu cairan buah anggur digunakan untuk membersihkan wajah.

 

 

Madu

 

 

Rasulallah SAW sangat  menyukai madu. Baliau menyebut   madu ini disebut sebagai rajanya makanan, rajanya minuman, dan rajanya obat-obatan. Al Quran sendiri mengabadikan madu dalam ayat, “Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.” (QS 16:69). Secara garis besar, madu sangat bermanfaat bagi perut, mata, anti biotik, obat batuk dan dahak, juga pemberi energi.

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Kaldu daging atau makanan laut menambah rasa yang luar biasa pada sup, semur, dan saus. Meskipun mun...

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

Secara medis kolesterol dapat dijelaskan sebagai senyawa lemak yang diproduksi oleh se...

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan  Muslim, Kristen dan Yahudi

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan Muslim, Kristen dan Yahudi

Hingga detik ini, perdamaian belum pernah terjadi di tanah Palestina. Negara yang diduduki I...

JELAJAH