Kembali ke Article

2 Jenis Minyak Wijen

13 Sep 2020 Headline Ragam
2 Jenis Minyak Wijen
13 Sep/2020

 

Penggemar chinese food tentu  tidak asing dengan salah satu bahan masakan ini, minyak wijen. Minyak wijen memang menjadi ciri khas dari cita rasa kuliner  Chinese. melansir dari   The Spruce Eats, Makanabis mendapat fakta,  minyak wijen merupakan minyak yang terbuat dari biji wijen yang dibuat dengan proses pressing atau penekanan pada biji wijen.

Minyak wijen sendiri terbagi menjadi dua jenis, minya wijen panggang dan biasa. Dan tak hanya pada kuliner China, minyak wijen juga digunakan secara luas untuk kuliner Asia seperti  Jepang, Korea, India Selatan, dan beberapa daerah di Timur Tengah. 

 

Penggunaan kedua jenis Minyak wijen ini juga sangat berbeda.  Minyak wijen biasa bisa diaplikasikan  seperti layaknya  minyak goreng biasanya. Minyak ini memiliki rasa netral dan dapat menahan panas tinggi untuk menggoreng atau memanggang. Kebanyakan   minyak wijen biasa dipakai untuk menumis atau untuk penambahan minyak pada masakan yang bercita rasa netral. Sementara minyak wijen panggang,   paling baik digunakan dalam metode memasak dengan api kecil atau ditambahkan di akhir atau setelah memasak.

 

Minyak wijen panggang biasanya ditambahkan dalam saus dan marinasi bumbu. Jenis minyak wijen ini sebenarnya bukan untuk menggoreng. Sebab jika dimasak terlalu lama atau dengan api besar, minyak wijen panggang  cenderung kehilangan sebagian rasa bahkan pada beberapa kasus ekstrem merusak rasa.  

 

Karenanya minyak wijen  panggang sering juga digunakan pada hidangan seperti sup dan tumis setelah dimasak.  Selain untuk memasak minyak wijen panggang juga bisa digunakan untuk kesehatan tubuh. Dalam pengobatan tradisional China, minyak wijen panggang, dapat menghangatkan tubuh, memacu  sirkulasi darah, dan menutrisi rambut. Sedangkan untuk minyak wijen biasa, bisa menjadi pengganti mentega. bbs

 



Article Lainnya


Kwetiau Goreng Praktis Ala Makanabis

Kwetiau Goreng Praktis Ala Makanabis

Kwetiau merupakan salah satu makanan khas China yang sangat populer di Indonesia. Makanan yang terbu...

Kecap Manis, Hasil Kompromi  Budaya Jawa dan Tionghoa

Kecap Manis, Hasil Kompromi Budaya Jawa dan Tionghoa

Jika dihitung, pasti akan ada banyak sekali masakan Nusantara yang tidak bisa dipisahkan dari ...

Rebus, Goreng, Kukus, Panggang, Mana yang Terbaik?

Rebus, Goreng, Kukus, Panggang, Mana yang Terbaik?

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, salah satu hal mutlak yang harus dilakukan adalah menjaga pola m...

Tak Hanya Odading, Ini ‘Sejarah Lucu’  Nama Kuliner Indonesia

Tak Hanya Odading, Ini ‘Sejarah Lucu’ Nama Kuliner Indonesia

Jajanan odading viral belakangan ini. Tren pencarian nama kudapan satu ini mendadak melejit naik. Ad...

JELAJAH