Kembali ke Article

3 Jenis Anggur, Beda Warna Beda Manfaatnya

15 Sep 2020 Headline Khasiat
3 Jenis Anggur, Beda Warna Beda Manfaatnya 3 jenis anggur, foto : ist
15 Sep/2020

Jika Anda berpikir, semua anggur itu sama, Anda salah besar. Anda harus baca laporan Makanabis berikut ini. Sebab bukan hanya warna kulitnya saja yang berbeda tetapi kandungan masing-masing jenis anggur ternyata juga berbeda.

 

 

Ada 3 jenis anggur yang biasanya dikonsumsi. Jika dikonsumsi rutin, anda pun akan bisa merasakan manfaatnya. Tapi jangan berlebihan, karena anggur pun termasuk dalam buah yang tinggi kandungan gula. Jadi konsumsilah buah dengan porsi cukup untuk manfaat kesehatan yang optimal. Berikut ini 3 jenis anggur dan manfaatnya:                                         

 foto : ist
foto : ist

 

Anggur Merah

 

Anggur merah, anggur yang paling mudah ditemui dan paling umum. Dari pasar tradisonal hingga hypermart menjualnya. Meski namanya anggur merah, tapi warna anggur ini sebenarnya magenta atau jingga.  Cirinya,  bentuknya bulat dan besar, airnya juga banyak. Rasanya manis dan sedikit asam, tapi asamnya tidak terlalu mengganggu.

 

 

 

Bijinya lumayan besar dan mengganggu   sehingga harus dibuang, kulitnya pun cukup tebal. Biasanya,   paling sering dijadikan bahan salad karena rasanya yang segar dan buahnya tidak mudah rusak atau lembek. Tapi dimakan langsung pun tak kalah nikmatnya.

 foto : ist
foto : ist

 

Anggur Hijau

 

Sesuai namanya, anggur ini berwarna hijau bening dengan bentuk yang lonjong. Ukurannya sedikit lebih kecil dibanding anggur merah, tapi bijinya sangat kecil dan lunak. Rasanya  manis dan renyah. Tapi jika tidak pandai memilih  Tapi kadang ada juga yang sedikit asam. Jadi harus pintar-pintar memilih saat membeli. 

 foto : ist
foto : ist

 

Anggur Hitam

 

Inilah  anggur yang paling banyak kandungan antioksidan. Tak heran jika harganya pun jauh lebih mahal dibanding jenis anggur lainnya. Ukurannya  kecil dengan bentuk yang sedikit lonjong. Warnanya   hitam pekat, rasanya sangat manis. Kulitnya sangat tipis. Bijinya pun sangat kecil dengan tekstur buah yang lebih kering dan renyah dibanding anggur lainnya. Karena itulah, anggur hitam ini sangat cocok dimakan langsung bersama kulit dan bijinya. Banyak orang  mengolah anggur hitam ini menjadi jus.

Article Lainnya


Bawang Putih Panggang, Khasiat Luar Biasa

Bawang Putih Panggang, Khasiat Luar Biasa

Salah satu alternatif untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari bawang putih adalah dengan memanggang...

Kwetiau Goreng Praktis Ala Makanabis

Kwetiau Goreng Praktis Ala Makanabis

Kwetiau merupakan salah satu makanan khas China yang sangat populer di Indonesia. Makanan yang terbu...

Kecap Manis, Hasil Kompromi  Budaya Jawa dan Tionghoa

Kecap Manis, Hasil Kompromi Budaya Jawa dan Tionghoa

Jika dihitung, pasti akan ada banyak sekali masakan Nusantara yang tidak bisa dipisahkan dari ...

Tak Hanya Odading, Ini ‘Sejarah Lucu’  Nama Kuliner Indonesia

Tak Hanya Odading, Ini ‘Sejarah Lucu’ Nama Kuliner Indonesia

Jajanan odading viral belakangan ini. Tren pencarian nama kudapan satu ini mendadak melejit naik. Ad...

JELAJAH