Kembali ke Article

3 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan

15 Jan 2022 Coffee N Tea Khasiat
3 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan source : unsplash
15 Jan/2022

 

Teh hitam dihasilkan dari proses fermentasi selain disaring berkali-kali. Karena perbedaan dari pengolahannya, membuat kandungan kedua tehnya pun berbeda. Teh hitam mempunyai antioksidan polifenol yang bernama theaflavin. Daun tehnya digiling dulu sembari terpapar dengan udara untuk mengoptimalkan proses fermentasi. Nah, di tahap inilah theaflavin dihasilkan dan serangkaian proses fermentasi yang dilakukan inilah membuat daun teh berubah menjadi cokelat gelap, yang disertai pula dengan perubahan rasanya.

 

Manfaat teh hitam adalah membantu menjaga kesehatan jantung.  Meminum teh hitam setidaknya tiga gelas sehari bisa meningkatkan jumlah antioksidan di dalam tubuh, dengan begitu dapat menurunkan risiko terjadinya masalah penyakit jantung. Selain itu, beberapa manfaat lainnya yang dimiliki oleh teh hitam yang berhasil makanbis himpun:

 

source : tcc
source : tcc

 

Menurunkan Tekanan Darah

 

Tekanan darah tinggi bisa meningkatkan risiko dari gagal jantung, stroke, gangguan penglihatan, hingga serangan jantung. Penelitian  menunjukkan  mengonsumsi teh hitam yang dilakukan secara teratur bisa menurunkan tekanan darah.

 

source : is
source : is

 

Mengontrol Obesitas

 

Ketika anda mengonsumsi teh hitam tanpa tambahan gula, maka hal ini dapat mengontrol diabetes di dalam tubuh. Bahkan studi menunjukkan jika kandungan katekin di dalam teh hitam ternyata sudah terbukti dapat meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja ya, tentunya teh hitam ini juga bisa menurunkan kadar gula di dalam tubuh.

 


 

Mencegah Kanker

 

Senyawa polifenol, khususnya adalah theaflavin yang ada di dalam teh ini bisa menghambat pertumbuhan dari sel kanker serta mengurangi perkembangan dari sel kanker baru. Tetapi perlu diingat ya konsumsi teh hitam ini hanya bisa mencegah, bukan digunakan dalam mengobati penyakit kanker.Semoga bermanfaat!

 

Article Lainnya


Manggis, Buah Raja Antioksidan

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Penelitian menyimpulkan jika buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antiok...

Asinan Nanas, Seger  Pedas Rasa Nendang

Asinan Nanas, Seger Pedas Rasa Nendang

Selain dijadikan bahan untuk rujak, nanas juga sangat nikmat dijadikan asinan. Asinan adalah...

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar berasal dari kata dalam bahasa Hindi dan Sansekerta. Artinya kurang lebih sama seperti ...

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Keluhan kesehatan yang paling sering terjadi pada masa sekarang adalah hipertensi dan kolest...

JELAJAH