Kembali ke Article

3 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

10 Dec 2019 Headline Ragam
3 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan
10 Dec/2019

Temulawak adalah  rempah-rempah yang dapat dengan mudah tumbuh di Indonesia. Bentuknya mirip dengan kunyit. Temulawak sudah dikenal sebagai obat tradisional sejak sejak 4.000 tahun lalu.Sebut saja pengobatan Ayurvedic dan tradisional Tiongkok, Para tabib sudah memakai temulawak dalam ramuan obat-obatan mereka.

Dizaman modern ini, para ahli menemukan bahwa  temulawak sebagai obat anti-inflamasi dan penyembuh luka yang efektif.  Secara tradisional temulawak di Indonesia sering dijadikan sebagai bahan yang ada dalam jamu. Selain sebagai bahan jamu, tentunya juga sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk pengobatan tradisional Makanabis merangkum 3 manfaat temulawak bagi kesehatan, apa saja?

Masalah Pencernaan

Salah satu  manfaat temulawak adalah untuk pencernaan.Temulawak mampu merangsang produksi empedu di kantong empedu, yang dapat membantu memperlancar pencernaan.  temulawak juga diresepkan para ahliuntuk mengobati berbagai masalah pencernaan termasuk gangguan pencernaan, kembung, gas, dan dispepsia. Pada 2006, clinical gastoenterology and hepatology melakukan penelitian pada a pasien yang menderita kolitis ulseratif. Pasien yang mengonsumsi temulawak harian mengalami tingkat kambuhan yang jauh lebih rendah daripada pasien yang menggunakan plasebo selama enam bulan.

Osteoartritis

Pada 2009 Journal of Alternative and Complementary Medicine. mempublikasikan penelitian terhadap pasien penderita artritis lutut yang mengambil ekstrak temulawak lokal atau ibuprofen setiap hari selama enam minggu. Penelitian itu menunjukkan bahwa temulawak lokal bekerja sama baiknya dengan ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh meeberian. Paskalis Andrew

Article Lainnya


Resep Lontong Anti Gagal

Resep Lontong Anti Gagal

Masyarakat Indonesia tentu tak asing lagi dengan lontong. Ya, makanan yang satu ini bisa diibaratkan...

Slurrppp, Nikmatnya Mie Nusantara

Slurrppp, Nikmatnya Mie Nusantara

Masuknya Bangsa China di Indonesia tak hanya membawa para imigran atau pengaruh budaya saja, namun j...

Manfaat Ngemil Mangga Muda dengan Garam

Manfaat Ngemil Mangga Muda dengan Garam

Adalah kebiasaan yang lumrah bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati berbagai macam buah men...

Harus Tahu!! 6 Jenis Pastry Renyah Nan Lezat

Harus Tahu!! 6 Jenis Pastry Renyah Nan Lezat

Di Indonesia, pastry mungkin kurang begitu popular, tapi saat ini hidangan pastry ini sudah mulai po...

JELAJAH