Kembali ke Article

4 Cara Memilih Ikan Tuna, Yang Terakhir untuk Hindari Pedagang Curang

28 Jul 2021 Tips n Trick
4 Cara Memilih Ikan Tuna, Yang Terakhir untuk Hindari Pedagang Curang source : Pixabay
28 Jul/2021

 

Sebagi sumber Omega 3,  ikan tuna yang baik untuk kesehatan. Selain itu cita rasa tuna juga sangat enak dan gurih.  Masalah terbesar adalah bagaimana cara memilih ikan ikan yang baik dan segar, sehingga layak untuk dikonsumsi.  Pasalnya, jika salah pilih, bisa-bisa kita akan mendapatkan ikan yang sudah tak lagi segar bahkan mungkin sudah tak layak konsumsi. Untuk itu, simak ulasan makanabis berikut ini :

 

 

source : Pixabay
source : Pixabay

 

Warna

Cara termudah dalam memilih tuna adalah dengan melihat warnanya. Ikan Tuna  segar  memiliki warna  daging   kemerahan.  Cara ini terbilang ampuh   untuk melihat kualitas ikan tuna. Jangan sekali-kali memilih atau membeli  ikan tuna  yang warnanya sudah terlihat pucat atau kotor.

 

 

Tekstur Kulit

 

Setelah warna terlihat masih segar, cara lain untuk memastikan kualitas tuna adalah dengan  meraba dan menekan  kulit ikan tuna tersebut.  Pilih ikan tuna yang memiliki tekstur kenyal, caranya dengan menekan-nekan ikan, jika cepat kembali pada posisi semula, berarti ikan masih segar. Ikan tuna segar  kulitnya  lembap dan terasanya kenyal bila  ditekan. Sementara, ikan tuna yang sudah tidak segar biasanya memiliki kulit yang terasa kering dan dagingnya terasa lembek ketika ditekan.

source : Pixabay
source : Pixabay

 

Aroma

Penting sekali untuk memperhatikan aroma ikan yang hendak kita beli. Selain tampilan, bau juga cara paling efektif untuk mengetahui tingkat kesegaran ikan. Cium aroma yang keluar dari ikan untuk memastikan kualitasnya. Ikan tuna segar dan kualitasnya masih baik, akan memiliki aroma yang segar laut. Sementara ikan yang sudah mulai membusuk biasanya mengeluarkan aroma yang tidak sedap atau tercium seperti bau busuk dan anyir.

 

 

Hindari Beli Potongan

 

Sebaiknya hindari membeli ikan tuna yang sudah berbentuk potongan. Walau lebih ekonomis karena sesuai kebutuhan, tuna potongan kadang diawetkan dengan menggunakan bahan kimia. Itulah sebabnya mengapa walau sudah dipotong tampilan ikan akan tetap terlihat segar dalam waktu yang lama.

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Kaldu daging atau makanan laut menambah rasa yang luar biasa pada sup, semur, dan saus. Meskipun mun...

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

Secara medis kolesterol dapat dijelaskan sebagai senyawa lemak yang diproduksi oleh se...

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan  Muslim, Kristen dan Yahudi

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan Muslim, Kristen dan Yahudi

Hingga detik ini, perdamaian belum pernah terjadi di tanah Palestina. Negara yang diduduki I...

JELAJAH