Kembali ke Article

4 Cara Tepat Memasak Sayuran Agar Gizi Tidak Hilang

23 Mar 2020 Headline Tips n Trick
4 Cara Tepat Memasak Sayuran Agar Gizi Tidak Hilang
23 Mar/2020

Sayuran banyak sekali mengandung vitamin dan mineral. Kandungan nutrisi tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sayuran dapat dinikmati dengan dimakan dalam kondisi mentah, dapat juga direbus atau dimasak terlebih dahulu. Sayuran mentah biasanya dinikmati sebagai lalapan yang dimakan dengan sambal. Namun tak banyak orang yang menyukai sayuran yang disajikan mentah, mereka lebih suka jika dimasak menjadi sayur yang bervariasi.

Tahukah Anda jika memasak sayuran tidak boleh asal-asalan? Hal ini dikarenakan proses memasak sayuran yang salah akan dapat menghilangkan nutrisi yang terkandung pada sayuran tersebut. Sayuran dapat dimasak dengan cara direbus, dikukus atau ditumis yang masing-masing cara tersebut mempunyai efek yang berbeda pada sayuran.

Bagaimana cara mengolah sayuran agar nutrisi tidak hilang? Kali ini Makanabis akan merangkum beberapa tips agar sayuran tetap bernutrisi seperti berikut ini.

Potongan besar

Agar tidak banyak kandungan nutrisi yang hilang, potonglah sayuran dalam bentuk besar atau utuh. Jika ingin potongan sayur lebih kecil sebaiknya sayur dipotong setelah matang agar nutrisi tetap ada.

Cuci dengan air mengalir

Sebaiknya jangan rendam sayuran karena dapat menghilangkan kandungan nutrisinya. Untuk menghilangkan kotoran pada sayuran, bakteri, kuman dan pestisida, sebaiknya sebelum dimasak, cuci sayuran dengan air mengalir dan cuci sampai bersih.

Jaga waktu, suhu dan air saat memasak

Terlalu lama memasak, suhu yang terlalu tinggi, dan jumlah air yang terlalu banyak dapat membuat semakin banyak nutrisi yang hilang pada sayuran. Terutama untuk sayuran yang mengandung vitamin yang larut dalam air, sebaiknya dimasak dengan sedikit air. Cara memasak sayuran yang bervitamin larut dalam air sebaiknya dengan cara dikukus agar nutrisi tetap terjaga.

Cara pengolahan

Dengan cara pengolahan sayuran yang tepat, dapat mengurangi nutrisi yang hilang. Mengolah sayuran dapat dilakukan dengan cara dikukus, direbus atau ditumis. Dikukus merupakan metode memasak yang terbaik karena mengurangi nutrisi yang hilang. Merebus sayuran adalah cara yang paling sering dilakukan karena cukup mudah dan cepat. Rebus sayuran setelah air mendidih sehingga nutrisi dan rasanya tetap dapat dipertahankan. Cara mengolah sayuran yang lainnya adalah dengan cara ditumis. Menumis dapat mempertahankan vitamin dan mineral juga rasa dan warnanya. Saat menumis gunakan sedikit minyak saja agar masakan tetap sehat.

Lengkapi menu masakan Anda dengan menu yang lengkap dan kaya akan nutrisi. Kandungan nutrisi sangat dibutuhkan bagi kesehatan tubuh. Olahlah bahan-bahan masakan dengan cara yang tepat agar tidak merugikan tubuh. Semoga ulasan Makanabis ini menambah pengetahuan Anda.

2020 ini meeberian kasih kamu kebebasan untuk jajan lebih banyak, lebih sering, dan lebih hemat. Mulai dari kopi susu kekinian, geprek terpedas, sampai boba topping segala macem, semua bisa kamu nikmatin tanpa antri! Tenang, gak bakal kehabisan karena kamu bisa pre-order semua makanan dan minuman yang kamu mau, bahkan sebelum sampai resto/outlet.

Kurang sayang apalagi sih meeberian sama kamu? Skuy ajakin semua temanmu untuk Jajan Murah pakai meeberian. Eits, catet yaa, pakai kode vouchernya JAMURPO50 diskonnya 50% lho! Paskalis Andrew/Berbagai sumber.

Article Lainnya


Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Kaldu daging atau makanan laut menambah rasa yang luar biasa pada sup, semur, dan saus. Meskipun mun...

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

Secara medis kolesterol dapat dijelaskan sebagai senyawa lemak yang diproduksi oleh se...

5 Tips Agar Mata Tak Merah  Saat Memotong  Bawang Merah

5 Tips Agar Mata Tak Merah Saat Memotong Bawang Merah

Semua pasti kenal bawang merah karena hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang merah sebaga...

Nih,,,,, Cara Mudah Pilih Jeruk Manis Dan Segar

Nih,,,,, Cara Mudah Pilih Jeruk Manis Dan Segar

Jeruk menjadi buah favorit banyak orang, karenakan rasanya yang manis segar dan harganya yang terjan...

JELAJAH