Kembali ke Article

4 Cara Terbaik Memasak Sayur

4 Cara Terbaik Memasak Sayur foto : india
02 Nov/2020

 

Ada banyak cara untuk memasak sayuran. Pilihan cara memasak memang sesuai dengan kesukaan dari pemasaknya. Masing-masing metode memasak sayur ini memiliki kekurangan dan keleihannya.

 

Berikut ini makanabis akan membabar kelebihan dan kekurangan cara memasak sayur yang biasa dilakukan. Ada empat cara mengolah sayur yang umum dilakukan orang, lebih lengkapnya simak laporan makanabis berikut ini. 

foto : the kicthn
foto : the kicthn

 

Mengukus  

 

Metode  kukus adalah metode memasak yang paling baik untuk sayuran, terutama untuk sayuran yang mengandung vitamin larut air. Seperti brokoli, wortel, kembang kol, kacang hijau, bayam, dan sayuran berdaun hijau lainnya. Mengukus terbukti dapat mempertahankan kandungan nutrisi dari sayuran lebih banyak daripada metode memasak lainnya. gunakan panci khusus mengukus atau microwave untuk mengukus sayuran.

foto : food network
foto : food network

 

Memanggang  

 

Memanggang sayuran dapat dilakukan pada  oven atau di atas bara.  Langkahnya adalah dengan memberi sedikit minyak pada sayuran sebelum dipanggang. Pangganglah sayuran sampai berubah warna dan teksturnya menjadi renyah. Memotong sayuran lebih kecil dapat mempersingkat waktu pemanggangan sampai sayuran berubah warna. Sayuran yang bisa dimasak dengan metode ini adalah asparagus, labu, buncis, kacang panjang, wortel, atau bawang bombay.  

 

Menumis  

 

Menumis adalah metode umum memasak di Asia. Dilakukan dengan sedikit minyak. Tumisan akan jadi lebih baik lagi jika menggunakan minyak zaitun atau minyak kanola. Menumis dapat mempertahankan vitamin dan mineral, juga rasa dan warna sayuran. Menumis sangat cocok untuk memasak sayuran, seperti asparagus, baby artichoke, kacang kapri, paprika, bawang, dan jamur.

foto : fristcryparenting
foto : fristcryparenting

 

Merebus  

Paling populer adalah merebus sayur.  Metode ini tergolong mudah dan cepat dilakukan. Untuk mempertahankan  rasa dan kerenyahan sayuran, tunggu  air sampai mendidih baru masukkan sayuran ke dalamnya. Cara ini sering digunakan pada kacang, kentang, bit, dan sayuran akar lainnya yang membutuhkan waktu lebih lama untuk matang.

Atau menggunakan  metode blanching, yaitu merebus sayuran dalam waktu yang cepat pada suhu air yang lebih rendah, sebelum air mendidih. Agar Anda tidak kehilangan vitamin dan mineral yang larut dalam air selama proses perebusan. Air rebusan ini dapat dikonsumsi seperti pada  sup.

 

 

Article Lainnya


Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale varietas Rubrum. Berbeda dengan jahe pada umumnya...

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Perayaan Natal akan lebih hangat jika dirayakan bersama keluarga. Tak lupa beserta sajian berupa mak...

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Saat Natal tiba, berkumpul bersama keluarga adaah momen yang tak boleh dilewatkan. Sambil bercengkra...

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Akibat dari demam Korea atau Korean wave, sangat mudah bagi kita menemukan makanan khas Korea Selata...

JELAJAH