Kembali ke Article

4 Manfaat Makan Perlahan, dari Cegah Bau Mulut hingga Resistensi Insulin

21 Oct 2021 Healthy Food
4 Manfaat Makan Perlahan, dari Cegah Bau Mulut hingga Resistensi Insulin source : mnt
21 Oct/2021

 

 

Proses pencernaan makanan diawali dengan mengunyah. Secara medis, manusia harus mengunyah hingga 32 kali pada setiap suapannya. Namun gaya hidup yang serba cepat dan terburu-buru membuat, mengunyah selama itu tidak memungkinkan untuk dilakukan. Padahal jika saran kunyahan ini dilakuan banyak manfaat kesehatan yang dapat diperoleh. Apa saja manfaat makan secara perlahan? Simak laporan makanabis berikut ini.

 

Menurunkan Berat Badan

Ternyata selain olahraga diet seperti renang, lompat tali dan  renang menurunkan berat badan juga dapat dilakukan dengan mengunyah makanan secara perlahan.  Sebab, mengunyah dalam kecepatan rendah memberikan kesempatan   mengirimkan sinyal pada otak tentang kondisi perut, terutama pada iformasi kenyang tidaknya.  Bila sudah begitu  berat badan akan turun secara cepat dan  efektif. 

 

 

Lancarkan Pencernaan

Makan perlahan akan membuat produksi  air liur dimulut bertambah besar. Air liur inilah yang berfungsi mengirimkan enzim  memecah partikel makanan. Selain itu air liur juga bertugas menyemprotkan zat anti bakteri pada makanan yang sedang dikunyah.  Saat makan secara perlahan, semua proses itu akan membuat percernaan lebih sehat.

 

Baca Juga : Cara Benar Simpan Bahan Makanan

 

source : cbs
source : cbs

 

 

Cegah Bau Mulut

Makan secara perlahandapat  membantu  mencegah terbentuknya plak dan bau mulut. Plak dapat dinetralkan oleh produksi air liur yang berlimpah. Air liur memiliki  kandungan hydrogen karbonat yang mampu  membunuh bakteri yang berbahaya serta dapat membersihkan   sisa makanan di sekitar gigi.

 

Cegah Resistensi Insulin

Makan yang terlalu cepat dan tergesa-gesa dapat menimbulkan resistensi insulin.   Resistensi insulin adalah  kondisi  sel-sel tubuh tidak mampu  menyerap gula darah secara benar karena  terganggunya respon dari sel tubuh pada insulin. Ini adalah kondisi awal dari  penyakit diabetes dan penyakit jantung. Tak hanya itu, makan  cepat dapat memicu munculnya  sindrom metabolic. Sindrom yang merupakan  kombinasi berbagai macam gejala penyakit seperti obesitas, kolesterol,  darah tinggi, dan resistensi insulin. 

 

Baca Juga : Rambut Bermasalah ? Coba Rebusan Daun Salam

 

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Kaldu daging atau makanan laut menambah rasa yang luar biasa pada sup, semur, dan saus. Meskipun mun...

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

Secara medis kolesterol dapat dijelaskan sebagai senyawa lemak yang diproduksi oleh se...

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan  Muslim, Kristen dan Yahudi

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan Muslim, Kristen dan Yahudi

Hingga detik ini, perdamaian belum pernah terjadi di tanah Palestina. Negara yang diduduki I...

JELAJAH