Kembali ke Article

4 Rahasia Daging kambing Anti Prengus

29 Jul 2020 Tips n Trick
4 Rahasia Daging kambing Anti Prengus
29 Jul/2020

Tak  lengkap rasanya merayakan Idul Adha tanpa makan olahan daging kambing. Sate, tongseng, hingga gulai kambing bersama keluarga atau sanak saudara, tentu membuat Idul Adha terasa begitu istimewa.



Namun sering kali masalah muncul saat daging kambing yang dikonsumsi mengeluarkan aroma yang kurang sedap atau prengus orang awam menyebutnya. Makanabis merangkum 4 tips mengolah daging kambing agar tidak prengus dan tetap nikmat. Berikut tipsnya: 

 

 

Buang Lemak


Lapisan lemak yang menempel pada daging hanya salah satu sebab munculnya  bau prengus pada daging kambing. Memang cukup sulit untuk mendapatkan daging kambing yang 100% bebas lemak. Iris dan buang lemak kambing sebelum diolah.

Sejatinya  lemak juga akan  menghasilkan rasa gurih pada olahan daging kambing, daging tak perlu benar-benar bebas lemak. Namun begitu lemak ini dikurangi maka kemungkinan munculnya bau prengus juga akan berkurang. 

 

Jangan dicuci

 

Sebelum dimasak, daging umumnya dicuci bersih. Namun perlakuan ini tak berlaku untuk daging daging kambing. Daging kambing yang dicuci justru dapat mempertajam bau amis dan membuat daging berisiko semakin alot. Jadi, setelah mengurangi lapisan lemak, sebaiknya daging langsung dimasak.


 

Jeruk Nipis


Aroma Jeruk nipis bisa mengurangi bau amis karena mampu   membunuh bakteri. Hal ini terutama untuk  daging yang terlanjur dicuci, penggunaan jeruk nipis bisa menjadi solusi. Balurkan perasan jeruk nipis pada daging lalu diamkan sekitar satu jam. Untuk lebih mantapnya tambahkan juga garam secukupnya.

 

Rebus bersama Rempah


Saat merebus daging kambing tambahkan juga beberapa rempah untuk menghilangkan bau prengus. Seperti daun jahe, serai atau kemangi pada air rebusan. Rempah tersebut dapat mengeluarkan aroma wangi nan kuat yang mampu mengurangi bau amis daging. Selanjutnya, daging bisa diolah tanpa takut bau.

Jika pengolahannya tidak direbus, maka salah satu rempah atau bumbu dapur yang bisa dipakai untuk menghilangkan prengus adalah ketumbar.  Untuk menghilangkan bau prengus, daging kambing dimarinasi (direndam) dengan ketumbar dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Cara ini akan menghilangkan aroma tidak sedap sekaligus membuat rasa lebih nikmat.


Article Lainnya


Bobotie, Olahan Daging Cincang Khas Afrika Selatan

Bobotie, Olahan Daging Cincang Khas Afrika Selatan

Berkunjung ke Afrika Selatan tentu tak akan lengkap tanpa mencicipi makanan khasnya. Salah satu maka...

Siput Gonggong Asam Pedas, Khas Bangka Belitung

Siput Gonggong Asam Pedas, Khas Bangka Belitung

Saat berkunjung ke Bangka Belitung, akan sangat mudah menjumpai siput gonggong di berbagai sajian kh...

Daging Kambing Picu Hipertensi? Ini Penjelasannya!!

Daging Kambing Picu Hipertensi? Ini Penjelasannya!!

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana jantung dipaksa untuk memompa darah lebih...

Ketumbar Lawan Maag

Ketumbar Lawan Maag

Ketumbar alias Coriandrum sativum salah satu jenis tumbuhan rempah rempah yang populer s...

JELAJAH