Kembali ke Article

4 Tips Memilih Sayuran Fresh

09 Jun 2020 Tips n Trick
4 Tips Memilih Sayuran Fresh
09 Jun/2020

Mengonsumsi sayuran memang penting. Tetapi, lebih penting lagi untuk memilih sayuran yang tepat dan juga sehat. Sayuran yang masih segar itu biasanya baru dipanen dan belum melalui perjalanan yang lama.

 

Masalah muncul saat kita tinggal diperkotaan jauh dari lahan perkebunan atau pertanian. Tidak ada cara lain, saran makanabis.com adalah dengan memilih dengan benar sayuran yang kita beli di pasaran. Dan menurut fakta yang berhasil makanabis.com himpun berikut ini 4 cara memilih sayur yang masih fresh.

 

Daun Berlubang

 

Sayuran yang berlubang karena dimakan oleh ulat. Justru sayuran yang berlubang dan dimakan oleh ulat inilah yang menandakan jika sayur itu adalah sayuran segar. Ulat tidak memakan sayuran diseprot zat pengawet atau pestisida. Jika  menemukan sayuran yang berlubang, dapat dipastikan jika sayur tersebut bebas pestisida. 

Warnanya Tidak Kusam

 

Warna cerah  adalah warna seharusnya sayuran.   Sayuran seperti bayam, kangkun g, seledri, kemangi, selada dan sebagainya, coba perhatikan warnanya. Apabila warnanya hijau cerah, maka sayurantersebut adalah sayuran segar. Jika warnanya mulai kusam bahkan terlihat ‘layu’,maka bisa dipastikan pula jika sayuran tersebut kurang fresh.

 

Bentuk dan Tekstur 

 

Saat memilih sayuran berdaun, seperti selada, sawi, atau kangkung, perhatikan bagian tulang daun serta batangnya. Apakah tulang daunnya terlihat? Jika terlihat dengan cukup jelas, maka sayuran tersebut segar. Apakah batang sayur terlihat segar dan mudah untuk dipatahkan? Jika iya, pilihlah sayuran tersebut.

 

Sementara Sayuran berbentuk umbi seperti kentang, bawang, wortel, atau ubi pilih yang tidak keriput, tidak lembek, tidak keras dan tidak berlubang. Pilihlah sayuran umbi dengan tekstur yang padat, tidak gembur, dan tidak berair.

 

Sayuran yang berbentuk buah seperti mentimun atau tomat, akan dianggap segar jika kulitnya masih kencang, tidak keriput, dan bentuknya utuh. Sedangkan sayuran  kacang-kacangan,  deteksi kesegarannya dengan melihat apakah teksturnya kenyal, namun mudah untuk dipatahkan. Jangan pilih yang berlendir dan teksturnya lembek. 

Aroma

 

Cobalah mencium aromanya. Jika buah cenderung beraroma segar dan tidak berbau menyengat, maka sayuran tersebut masih segar. Sebaliknya, jangan pilih sayuran yang berbau dan aromanya tidak segar. wsn

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Kaldu daging atau makanan laut menambah rasa yang luar biasa pada sup, semur, dan saus. Meskipun mun...

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

Secara medis kolesterol dapat dijelaskan sebagai senyawa lemak yang diproduksi oleh se...

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan  Muslim, Kristen dan Yahudi

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan Muslim, Kristen dan Yahudi

Hingga detik ini, perdamaian belum pernah terjadi di tanah Palestina. Negara yang diduduki I...

JELAJAH