Kembali ke Article

5 Bahan Alami Pengempuk Daging Sapi dan Kambing

19 Jul 2021 Tips n Trick
5 Bahan Alami Pengempuk Daging Sapi dan Kambing source : fm
19 Jul/2021

 

Saat Idul Qurban biasanya daging tersedia cukup melimpah. Daging memang lezat, namun memiliki kelemahan, kadang seratnya besar hingga alot saat dikonsumsi. Tapi dengan trik sederhana, daging sapi dan kambing akan jadi empuk secara alamiah. Berikut ini 5 bahan pengempung daging yang mudah untuk dipraktikkan.

 

 

source : vhsf
source : vhsf

 

Daun Pepaya

 

 

Saat mendapat daging, segera bungkus dengan daun pepaya. Daun pepaya dapat mengempukkan daging. Getah daun pepaya mengandung zat papain yang dapat membantu daging jadi cepat empuk. Zat papain dapat memecah protein pada daging, inilah yang membuat daging jadi empuk saat dibungkus daun pepaya. Daun pepaya tidak usah direbus tapi hanya dipakai untuk bungkus saja. 

source : lgb
source : lgb

 

Nanas

 

 

Nanas kaya akan kandungan bromelian, yakni enzim protease yang kerap dipakai untuk mengempukkan daging. Caranya sangat mudah, potong nanas dalam ukuran kecil, kemudian masukkan potongan nanas pada marinasi daging, diamkan untuk beberapa saat sebelum daging dimasak.

 

 

Jahe

 

 

Jahe dapat dipakai sebagai pengempuk daging karena mengandung enzim proteolitik yang dapat memutuskan ikatan protein pada daging. Cara pemakaiannya juga sangat mudah, haluskan atau parut jahe kemudian oleskan secara merata pada daging. Diamkan selama 30 menit, daging akan jadi empuk.

source : cooks illustrated
source : cooks illustrated

 

Soda Kue

 

 

Soda kue mengandung zat yang dapat menghancurkan serat daging, inilah yang menjadi penyebab mengapa daging menjadi renyah dan tidak alot. caranya, encerkan  satu sendok teh soda kue ke dalam air. Kemudian larutan soda kue ini campurkan pada daging yang telah diiris-iris, aduk hingga merata diamkan selama 3 hingga 4 jam.

source : whats for dinner
source : whats for dinner

 

Jeruk Nipis

 

 

Kandungan Asam pada jeruk dapat melunakkan serat daging. Caranya sangat mudah, baluri daging dengan perasan jeruk nipis seluruh permukaan daging. Tapi jangan terlalu lama, karena larutan jeruk nipis ini dapat merusak cita rasa daging. Selamat mencoba.

 

 

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Kaldu daging atau makanan laut menambah rasa yang luar biasa pada sup, semur, dan saus. Meskipun mun...

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

Secara medis kolesterol dapat dijelaskan sebagai senyawa lemak yang diproduksi oleh se...

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan  Muslim, Kristen dan Yahudi

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan Muslim, Kristen dan Yahudi

Hingga detik ini, perdamaian belum pernah terjadi di tanah Palestina. Negara yang diduduki I...

JELAJAH