Kembali ke Article

5 Bumbu Dapur Pereda Sakit Gigi

16 Nov 2020 Khasiat
5 Bumbu Dapur Pereda Sakit Gigi foto : uthealth
16 Nov/2020


Persatuan Dokter Gigi Indonesia mengungkapkan, 70 persen penduduk Indonesia mengalami gangguan gigi yang cukup mengkhawatirkan. Rasa sakitnya yang bervariasi mulai dari tajam, berdenyut, hingga konstan. Rasa sakit ini tentu saja mengganggu aktivitas keseharian. Jika dibiarkan tanpa penanganan yang tepat, kerusakan gigi akan bertambah parah sehingga harus dicabut.

 

 

 

Celakanya, kadang sakit gigi justru muncul disaat yang tak tepat, seperti tengah malam, atau saat tidak ada persediaan obat pereda sakit. Saat sakit gigi menyerang dan Anda tidak memiliki obat, makanabis menawarkan ‘obat’ alami yang tersedia di dapaur, berikut cara memanfaatkan bumbu dapur itu untuk meredakan sakit gigi.

 

foto : ist
foto : ist

 

Minyak Cengkih

 


Cengkih yang sudah diekstrak menjadi minyak sangat efektif meredakan sakit gigi. Cengkih juga mengurangi infeksi dan rasa sakit pada gigi karena mengandung properti antiseptik. Cara pemanfaat cukup oleskan minyak cengkih ke lubang gigi, cara ini juga bisa meredakan sakit gigi.

foto : jenkitown
foto : jenkitown

 

Bawang Putih

 

Bawang putih juga diklaim efektif meredakan sakit gigi. Cara pemanfaatannya juga sangat mudah, haluskan satu siung bawang putih dicampurkan dengan sedikit garam kasar kemudian tempatkan di area yang sakit. Selain mampu meredakan rasa sakit, pengobatan alami ini bahkan kadang mampu menyembuhkan sakit gigi. Orang India biasa menyantap  satu siung bawang putih setiap pagi untuk menjaga kesehatan dan mencegah timbulnya sakit gigi. 

 

 

Bawang Merah

 

Penelitian membuktikan,  bawang merah mengandung komponen antibakteri. Mengunyah  satu siung  bawang merah setiap hari  terbukti bisa melindungi dari berbagai gangguan gigi. Kunyah  bawang merah selama 3 menit, tindakan ini cukup  efektif membunuh kuman-kuman di mulut dan gigi. Dan saat gigi mengalami rasa sakit, masukkan potongan kecil  kecil bawang merah di area lubang gigi atau gusi yang bengkak. 

foto : dailyhunt
foto : dailyhunt

 

Jeruk Limau


Jeruk limau, sebagai sumber yang kaya vitamin C, sangat bermanfaat dalam mempertahankan kesehatan gigi dan tulang di bagian tubuh lainnya. Jeruk limau dinyatakan bisa mencegah gigi berlubang dan gigi tanggal, pembentukan plak gigi, sakit gigi, dan perdarahan pada gusi.



foto : emedihealth
foto : emedihealth

 

Bubuk Lada

 


Campuran sedikit bubuk lada dengan 1/4 sendok teh garam diketahui   sangat bagus untuk menjaga kebersihan gigi. Jika digunakan secara teratur setiap hari bisa mencegah gigi berlubang, nafas bau, gusi berdarah, sakit gusi, dan sakit gigi. Selain itu juga bisa mengatasi masalah gigi sensitif. Sementara untuk meredakan sakit gigi, campurkan bubuk lada dan minyak cengkeh kemudian masukkan ke dalam lubang gigi. Selamat mencoba 

 

Article Lainnya


Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale varietas Rubrum. Berbeda dengan jahe pada umumnya...

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Perayaan Natal akan lebih hangat jika dirayakan bersama keluarga. Tak lupa beserta sajian berupa mak...

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Saat Natal tiba, berkumpul bersama keluarga adaah momen yang tak boleh dilewatkan. Sambil bercengkra...

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Akibat dari demam Korea atau Korean wave, sangat mudah bagi kita menemukan makanan khas Korea Selata...

JELAJAH