Kembali ke Article

5 Cara Cepat Bersihkan Lendir Ikan Lele

14 Sep 2020 Headline Tips n Trick
5 Cara Cepat  Bersihkan Lendir Ikan Lele foto:faridah-whatscooking
14 Sep/2020

 

Ikan lele memang memiliki lendir pada tubuhnya. Lendir ini kadang sangat menyulitkan saat hendak membersihkannya. Jika lendir tersebut tidak dibersihkan atau kurang bersih, maka akan mempengaruhi cita rasa makanan.

 

 

Dalam panduan memasak tradisional, Makanabis mendapat cara mudah untuk menghilangkan lendir dari tubuh lele. Bahkan metode ini bisa dilakukan siapa saja karena memang tidak memerlukan bahan-bahan yang rumit. Semua bahan pembersih itu ada di dapur. Berikut ini cara praktis menghilangkan lendir lele dengan bahan-bahan yang ada di dapur. 

 

Cuka dan garam

Setelah menyiangi ikan lele, siapkan baskom dan isi dengan campuran air, cuka dan garam. Masukan lele ke dalamnya, diamkan selama 10 menit. Setelah 10 menit, bilas ikan lele dengan air mengalir. Rasakan lendir lele itu akan ikut terbilas bersama air.

 

Jeruk Nipis dan Garam

 

Setelah dibersihkan dan siangi,  rendam lele di dalam air yang sudah dicampur dengan jeruk nipis dan garam selama 10 menit. Selama perendaman, lendir lele akan luntur. Kemudian bilas dengan air mengalir sampai bersih. 

foto : lakehomesreality
foto : lakehomesreality

 

Garam, Asam, dan Bubuk Kunyit

Cara  berikutnya yaitu dengan melumuri ikan lele yang telah disiangi dengan campuran 1/2 sendok makan garam, 2 ruas ibu jari asam Jawa, serta 1/4 sendok teh bubuk kunyit dan 2-3 sendok makan air. Kemudian remas-remas lele. Lalu diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air mengalir.  

Air Hangat

Cara termudah berikut adalah dengan masak air hingga mendidih. Tuang ke dalam baskom sambil dicampurkan dengan sedikit air dingin.  Kemudian gunakan air hangat ini untuk merendam lele selama 10-15 menit. Lendir lele akan luntur selam direndam dengan air hangat. Setelah 10-15 menit, bilas lele dengan air mengalir sampai bersih.

 

Abu Gosok

 

Abu gosok juga dapat dipakai untuk membersihkan, dilakukan ini sebelum lele disiangi. Sebelum disiangi, lumuri ikan lele dengan abu gosok yang biasa digunakan untuk mencuci peralatan masak, sampai seluruh tubuh lele terselimuti dengan abu gosok. Lalu, gosok-gosok lele sampai lendir kulitnya luntur. Setelah lendirnya luntur, baru siangi ikan lele dan cuci bersih dengan air mengalir. 

Article Lainnya


Kwetiau Goreng Praktis Ala Makanabis

Kwetiau Goreng Praktis Ala Makanabis

Kwetiau merupakan salah satu makanan khas China yang sangat populer di Indonesia. Makanan yang terbu...

Kecap Manis, Hasil Kompromi  Budaya Jawa dan Tionghoa

Kecap Manis, Hasil Kompromi Budaya Jawa dan Tionghoa

Jika dihitung, pasti akan ada banyak sekali masakan Nusantara yang tidak bisa dipisahkan dari ...

Rebus, Goreng, Kukus, Panggang, Mana yang Terbaik?

Rebus, Goreng, Kukus, Panggang, Mana yang Terbaik?

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, salah satu hal mutlak yang harus dilakukan adalah menjaga pola m...

Tak Hanya Odading, Ini ‘Sejarah Lucu’  Nama Kuliner Indonesia

Tak Hanya Odading, Ini ‘Sejarah Lucu’ Nama Kuliner Indonesia

Jajanan odading viral belakangan ini. Tren pencarian nama kudapan satu ini mendadak melejit naik. Ad...

JELAJAH