Kembali ke Article

5 Cara Tepat Menyimpan Telur

24 Mar 2020 Headline Tips n Trick
5 Cara Tepat Menyimpan Telur
24 Mar/2020

Ditengah kondisi wabah covid19, berdiam diri dan isolasi seperti sekarang ini adlah pilihan bijak. Namun kondisi ini juga membutuhkan kecepatan dalam pemenuhan gizi, telur adalah bahan pangan yang paling tepat. Selain tahan lama, telur juga dapat diolah menjadi berbagai makanan kaya gizi, karena telur adalah sumber protein terbaik.

Masalahnya, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara menyimpan telur agar tidak mudah rusak dan dapat dikonsumsi secara sehat walau disimpan dalam waktu tertentu. Telur memang mempunyai daya tahan yang lebih baik dibanding jenis makanan lain, tapi tetap perlu diperhatikan cara menyimpannya. Agar telur tetap berkualitas walau disimpan, baca ulasan Makanabis berikut ini:

Bersihkan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah, membersihkan telur tersebut dari kotoran sebelum disimpan, cuci terlebih dahulu. Langkah ini juga akan membersihkan telur dari kontaminasi bakteri salmonella. 

Jika telur simpan dalam kondisi kotor, bakteri salmonella dapat masuk melalui pori-pori kulit telur dan menyebabkan seseorang menjadi diare, kram perut hingga mengalami demam. Setelah dicuci lap hingga kering dan telur siap disimpan.

Jauhkan dari Aroma Kuat

Meski telur sejatinya tidak membutuhkan tempat khusus, namun tetap perlu diperhatikan bahwa telur sangat rentan terhadap kontaminasi. Saat menyimpan telur, jangan satu wadah dengan bahan makanan yang memiliki bau atau aroma yang kuat dan menyengat, seperti terasi dan ikan asin.

Hindari Rak Kulkas

Ini adalah kebiasaan lama, menyimpan telur di lemari pendingin dan  rak pintu bagian lemari es. Ternyata menyimpan telur di rak pintu kulkas akan membuat telur lebih cepat busuk.  Sebab pintu kulkas akan selalu terbuka tertutup seiring kegiatan kita mengambil bahan-bahan makanan.

Karenanya sebaiknya jika menyimpan telur di kulkas maka letakkan telur tersebut pada wadah dan simpan di laci kulkas. Dengan menyimpannya di dalam kulkas menggunakan eggtray, maka kualitasnya akan terjaga hingga empat sampai lima minggu.

Posisi Telur

Banyak orang yang belum mengetahui, bahwa saat  menyimpan telur, perlu diperhatikan posisinya.  Posisi terbaik untuk menyimpan telur adalah bagian runcing telur diletakkan di bawah dan bagian tumpul di atas. Hal ini agar agar kantong udara di bagian telur yang tumpul tetap berada di atas, sehingga isi telur tidak akan menekan kantong udara.

Eggtray

Biasanya saat membeli telur di supermarket, akan disertakan wadahnya atau eggtray. Eggtray ini selain sebagai pelindung bagi telur ternyta juga bisa memberikan sirkulasi udara. Dan inilah rahasian telur dapat bertahan dalam waktu yang lama. Jadi, sehabis pakai eggtray-nya jangan dibuang ya. Setelah telur habis, kamu bisa menempatkannya kembali dan menyimpan telur dalam suhu ruangan.

Untuk menjada kesegaran dan nutrisinya, pastikan telur dihabiskan sebelum waktu tujuh hari. Namun jika kondisi tidak memungkin, penyimpanan dengan cara yang tepat akan membuat telur tahan hingga berminggu-munggu.

 2020 ini meeberian kasih kamu kebebasan untuk jajan lebih banyak, lebih sering, dan lebih hemat. Mulai dari kopi susu kekinian, geprek terpedas, sampai boba topping segala macem, semua bisa kamu nikmatin tanpa antri! Tenang, gak bakal kehabisan karena kamu bisa pre-order semua makanan dan minuman yang kamu mau, bahkan sebelum sampai resto/outlet.

Kurang sayang apalagi sih meeberian sama kamu? Skuy ajakin semua temanmu untuk Jajan Murah pakai meeberian. Eits, catet yaa, pakai kode vouchernya JAMURPO50 diskonnya 50% lho! Paskalis Andrew

 

 

Article Lainnya


Buat Sendiri Oreo Supreme KW

Buat Sendiri Oreo Supreme KW

Baru-baru ini brand biskuit Oreo membuat geger dunia maya karena meengeluarkan produk yang sangat ma...

Jenis Beras dan Khasiatnya, Sesuaikan Kebutuhan Tubuhmu

Jenis Beras dan Khasiatnya, Sesuaikan Kebutuhan Tubuhmu

Bagi mayoritas masyarakat Indonesia, nasi merupakan makanan pokok yang tidak bisa ditinggalkan. Bahk...

6 Keju Terpopuler di Indonesia

6 Keju Terpopuler di Indonesia

Produk olahan susu bertekstur lembut dengan rasa asin yang cukup kuat. Keju adalah bahan yang ...

Ide Daur Ulang Hidangan Lebaran

Ide Daur Ulang Hidangan Lebaran

Dua hari sudah aneka hidangan Lebaran memenuhi perut. Ketupat, rendang, opor ayam, semur, gula...

JELAJAH