Kembali ke Article

5 Jenis Yoghurt, Mana Favoritmu?

19 Sep 2020 Healthy Food
5 Jenis Yoghurt, Mana Favoritmu?
19 Sep/2020

Yoghurt adalah  alternatif makanan bagi yang menjalankan gaya hidup sehat. Yoghurt   mengandung sejumlah zat gizi untuk menyehatkan pencernaan serta membantu pembentukan tulang dan gigi. Lactobacillus, bakteri baik atau probiotik  dalam yogurt dapat mengatasi masalah diare, konstipasi hingga masalah kanker usus.

 

 

Ternyata ada banyak jenis yoghurt. Makanabis mencatat ada 5 jenis yoghurt yang biasa dikonsumsi dan masing-masing memiliki rasa yang nikmat.  Nah,bagi yang penasaran, silahkan simak laporan Makanabis berikut ini:

foto :ist
foto :ist

Greek Yoghurt

Memiliki tekstur yang lebih kental daripada yogurt pada umumnya. Ini karena pada proses pembuatannya, Greek Yoghurt  mengalami penyaringan hingga tiga kali. Sisa dari proses ini adalah whey atau cairan   yang kemudian dibuang dan menyisakan bagian kental yang dinamakan greek yogurt. Yoghurt jenis ini memiliki kandungan protein tinggi dan rendah karbohidrat. 


foto :ist
foto :ist

Frozen Yoghurt

 

Memiliki nama lain froyo, saat ini sudah mulai banyak dijual dengan aneka jenis toping. Dibandingkan dengan ice cream biasa, froyo memiliki kandungan gizi yang lebih baik. Beberapa frozen yogurt diproses rendah lemak sehingga ditambahkan banyak gula di dalamnya. Namun, frozen yogurt juga memiliki kandungan probiotik untuk melancarkan pencernaan. Selain itu laktosa pada yogurt jenis ini lebih mudah dicerna daripada laktosa yang terdapat pada susu. 

Plain Yoghurt

Jenis yoghurt  ini adalah yang paling banyak di pasaran.  Yoghurt plain seringkali digunakan sebagai campuran cake atau makanan lainnya. Yoghurt plain juga kerap menjadi pilihan yang sedang berdiet sehat karena tidak memiliki rasa dan tambahan gula yang memungkinkan untuk meningkatkan kalori untuk aktifitas terbatas. 

foto : ist
foto : ist

Yoghurt Cair

 

Yoghurt cair adalah jenis yang paling mudah dikonsumsi karena teksturnya yang cair menyerupai susu. Bahkan saat ini yoghurt cair juga tersedia dalam berbagai rasa. Saat dibuat, setelah diberikan bakteri, susu akan mengental membentuk yoghurt. Kemudian barulah dilakukan pengenceran, biasanya  dicampur dengan susu bubuk atau susu cair sehingga menyerupai susu. Sebelum mengonsumsi yoghurt cair sebaiknya periksa kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. 

foto :ist
foto :ist

Dadiah

 

Satu-satunya yoghurt lokal adalah dadiah yang   berasal dari Sumatera Barat. Terbuat dari susu kerbau yang kemudian difermentasikan dalam tabung bambu. Kandungan gizinya disesuaikan dengan jenis susu yang digunakan yaitu susu kerbau. Yoghurt memang memiliki bakteri baik yang bagus untuk pencernaan. 

Article Lainnya


Salah Olah,  Lidah Serasa Bertulang

Salah Olah, Lidah Serasa Bertulang

Bagian sapi yang satu ini sangat populer dan mudah ditemukan di pasar tradisional atau pasar...

 Penyakit Kelas Berat,,,,,Lagi-Lagi Obatnya Hanya Ciplukan

Penyakit Kelas Berat,,,,,Lagi-Lagi Obatnya Hanya Ciplukan

Pada edisi lalu, makanabis mempublish manfaat daun pohon ciplukan bagi kesehatan. Respon pembaca mak...

Cara Alamiah Usir Karang Gigi

Cara Alamiah Usir Karang Gigi

Semua pasti setuju, karang gigi membuat pemandangan mulut terlihat kurang sedap ...

Mencicipi Ceviche, Sashimi ala Peru

Mencicipi Ceviche, Sashimi ala Peru

Peru, sebagai salah satu negara destinasi wisata di Amerika Selatan, tentu ada hal ist...

JELAJAH