Kembali ke Article

5 Kuliner Nasi Khas Nusantara

5 Kuliner Nasi Khas Nusantara
03 Jul/2020

 

Belum makan jika belum makan nasi, Itulah ungkapan untuk menggambar warga +62 alias Indonesia. Begitu pentingnya nasi dalam kehidupannya, hingga muncul banyak varian kuliner dari nasi.

 

 

Keragaman kuliner hanya untuk satu bahan pangan ini serasa wajar, karena di Indonesia sendiri ada ratusan suku bangsa yang sebagian besar menjadikan nasi sebagai bahan pangan pokok mereka. Apa saja jenis kuliner nasi yang menjadi idola, simak laporan makanabis yang dikumpulkan dari berbagai sumber berikut ini. 

foto : tokowahab
foto : tokowahab

 

Nasi Uduk

 

Nasi ini sudah popular bahkan sebelum Indonesia merdeka. Nasi khas betawi ini dimasak dengan santan dan rempah-rempah, seperti laos, lengkuas, pala, daun salam, daun jeruk, kayu manis dan serai. Nasi uduk dihidangkan dengan tahu atau tempe goreng, telur dadar iris, abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng dan sambal. 

foto: merdeka
foto: merdeka

 

Nasi Liwet

 

Nasi liwet memang salah satu makanan khas dari Solo. Nasi gurih yang mirip dengan nasi uduk ini biasanya disajikan bersama sayur labu siam, opor ayam suwir, telur asin tergantung selera dan di tambahkan kanil atau santan kental berbumbu di atasnya.

 

Nasi Kebuli

 

Nasi yang satu ini hasil pengaruh dari Timur Tengah dan India. Pengaruh kebudayaan luar  tersebut  memberi pengaruh besar dalam kuliner di Indonesia, nasi kebuli adalah hasil inkulturasi. Hidangan nasi berbumbu yang kaya rempah ini dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing dan minyak samin serta berbagai bahan lainnya. Disajikan juga dengan daging kambing goreng dengan taburan kurma atau kismis di atasnya.

 

Nasi Bakar

 

Nasi bakar sangat populer di Sumatra.  Diolah dengan cara dibakar di dalam balutan daun pisang bersama santan dan juga bumbu lainnya. nasi bakar juga dibakar bersama lauknya seperti teri medan, cumi, udang, ataupun daging ayam. Dibeberapa daerah di Sumatra, nasi bakar dimasak dalam bilah bambu.

foto : merahputih
foto : merahputih

Nasi Jaha

Nasi jaha atau Jahe merupakan makanan khas Halmahera dan Manado yang dibuat dari beras ketan dengan tambahan santan kelapa. Nasi ini dimasak dengan manggunakan daun pisang lalu dimasukkan ke dalam bambu dan dibakar. Sesuai namanya, nasi ini memiliki cita rasa jahe yang menghangatkan tubuh.

 

 

Article Lainnya


Mencicipi Ceviche, Sashimi ala Peru

Mencicipi Ceviche, Sashimi ala Peru

Peru, sebagai salah satu negara destinasi wisata di Amerika Selatan, tentu ada hal ist...

Sambal Colo-Colo Khas Ambon

Sambal Colo-Colo Khas Ambon

Membicarakan sambal nusantara tentu tak akan ada habisnya. Setiap daerah pasti memiliki berbgai samb...

Resep Sup Konro Legendaris

Resep Sup Konro Legendaris

Terdapat suatu hidangan yang selalu diburu para wisatawan baik lokal maupun mancanegara saat berkunj...

Bajigur, Minuman Berkhasiat Khas Sunda

Bajigur, Minuman Berkhasiat Khas Sunda

Cuaca yang tak menentu membuat seseorang gampang terserang penyakit. Di saat seperti itu, daya tahan...

JELAJAH