Kembali ke Article

5 Makanan Enak Tapi Tak Baik Untuk Sarapan

19 Mar 2020 Headline Healthy Food
5 Makanan Enak Tapi Tak Baik Untuk Sarapan
19 Mar/2020

Sarapan adalah waktu makan yang sangat penting dan sebaiknya tidak terlewatkan karena sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari sebagai pengisi energi. Sarapan sangatlah penting, karena pada sistem tubuh manusia setelah tidur di malam hari dan tidak ada kegiatan makan dan minum, maka kadar gula darah berada pada titik paling rendah. Rendahnya kadar gula darah akan mempengaruhi fungsi tubuh dan otak yang membutuhkan asupan energi dari gula darah, yang dapat menyebabkan sulitnya untuk berkonsentrasi.

Sarapan dengan makanan yang tinggi gula akan membuat fluktuasi kadar glukosa darah yang dapat membuat perut jadi mudah lapar. Untuk sarapan sebaiknya pilih menu yang cenderung ringan tetapi dapat memenuhi kebutuhan kalori dan gizi harian. Sebisa mungkin makanan untuk sarapan harus mengandung karbohidrat dan serat juga ditambah susu, selain itu juga mengandung vitamin dan mineral. Namun banyak juga yang kurang memperhatikan asupan makanan yang terkandung dalam sarapan. Jadi untuk menu sarapan sebaiknya jangan asal-asalan. Untuk menunjang aktivitas seharian sebaiknya hindari sarapan yang dapat merugikan diri sendiri seperti yang akan Makanabis ulas kali ini. Makanan apa saja yang kurang baik jika disajikan untuk sarapan? Ikuti ulasan Makanabis berikut.

Yogurt Aneka Rasa

Sebenarnya yogurt baik untuk sarapan, tetapi pilihlah yogurt yang tidak berwarna yang tidak berasa atau tawar dapat ditambah dengan buah-buahan agar rasanya lebih enak. Yogurt yang beraneka rasa mengandung gula yang sangat tinggi yang dapat meningkatkan gula darah mengakibatkan penyakit diabetes. Selain itu, lemak dalam yogurt tak dapat diserap maksimal oleh tubuh, dimana lemak membuat perut kenyang lebih lama.

Jus buah

Beberapa tren saat ini adalah kebiasaan sarapan dengan jus buah.Tidak ada salahnya sarapan dengan jus buah asalkan jus yang rendah gula dan ditambah dengan mengonsumsi makanan lainnya seperti roti atau kacang-kacangan. Jika sarapan hanya dengan jus buah, tidaklah cukup karena tubuh juga membutuhkan makanan padat yang berkarbohidrat untuk menambah energi sedangkan jus buah hanya mengandung serat dan vitamin saja.

Sereal

Banyak orang menggunakan sereal untuk sarapan karena alasan praktis dan keterbatasan waktu. Namun sebenarnya sereal kurang cocok untuk menu sarapan karena banyak mengandung gula olahan yang tidak baik untuk tubuh, selain itu juga rendah serat menyebabkan perut jadi cepat lapar.

Pancake

Membuat pancake sangatlah mudah dan tidak ribet. Bahan yang diperlukan juga sedikit. Hal ini membuat pancake menjadi menu pilihan untuk sarapan. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan pancake, yang jadi masalah adalah ketika ditambahkan sirup. Sirup mengandung gula buatan yang jadi penyebab diabetes.

Roti Bakar

Roti seringkali dikonsumsi untuk sarapan. Tetapi sebenarnya roti bakar ternyata tidak baik untuk sarapan. Kandungan tepung terigu pada roti hanya mengandung sedikit nutrisi dan serat. Penambahan mentega juga tidak baik karena mentega mengandung lemak trans yang tidak sehat bagi tubuh.

Pentingnya sarapan bagi tubuh, oleh karena itu jangan pernah lewatkan waktu sarapanmu. Sempatkan waktu untuk sarapan sebelum memulai aktivitas agar semuanya berjalan lancar. Jangan asal  memilih menu sarapan karena akan berpengaruh pada tubuh. Pilihlah sarapan yang sehat.

2020 ini meeberian kasih kamu kebebasan untuk jajan lebih banyak, lebih sering, dan lebih hemat. Mulai dari kopi susu kekinian, geprek terpedas, sampai boba topping segala macem, semua bisa kamu nikmatin tanpa antri! Tenang, gak bakal kehabisan karena kamu bisa pre-order semua makanan dan minuman yang kamu mau, bahkan sebelum sampai resto/outlet.

Kurang sayang apalagi sih meeberian sama kamu? Skuy ajakin semua temanmu untuk Jajan Murah pakai meeberian. Eits, catet yaa, pakai kode vouchernya JAMURPO50 diskonnya 50% lho! Paskalis Andrew/Berbagai sumber.

Article Lainnya


Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale varietas Rubrum. Berbeda dengan jahe pada umumnya...

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Perayaan Natal akan lebih hangat jika dirayakan bersama keluarga. Tak lupa beserta sajian berupa mak...

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Saat Natal tiba, berkumpul bersama keluarga adaah momen yang tak boleh dilewatkan. Sambil bercengkra...

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Akibat dari demam Korea atau Korean wave, sangat mudah bagi kita menemukan makanan khas Korea Selata...

JELAJAH